Logo Sea Games Myanmar 2013

Pesta Olahraga Asia Tenggara XXVII (Inggris: 27th Southeast Asian Games) direncanakan akan diselenggarakan di Naypyidaw, ibu kota baru Myanmar.
Dewan Federasi Pesta Olahraga Asia Tenggara mengadakan pertemuan di Jakarta pada tanggal 31 Mei 2010 dan secara bulat memutuskan untuk memberikan hak penyelenggaraan SEA Games XXVII kepada Komite Olimpiade Myanmar.
Situs web resmi Dewan Olimpiade Asia telah menyetujui fakta bahwa Myanmar akan menjadi tuan rumah SEA Games XXVII dalam beritanya pada tanggal 7 Juni 2010. Situs web Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) juga mengumumkan bahwa Myanmar akan menyelenggarakan ajang ini. Myanmar pernah menyelenggarakan SEA Games pada tahun 1961 dan 1969 di Yangon, ibu kota lama Myanmar. Ini akan menjadi kali ketiga Myanmar menjadi tuan rumah SEA Games. Singapura mengundurkan diri sebagai tuan rumah sehubungan dengan tertundanya penyelesaian stadion nasional barunya.
Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Thailand mengungkapkan ambisinya untuk menyelenggarakan SEA Games. Akan tetapi, karena Vietnam, Filipina, dan Thailand secara berturut-turut merupakan tuan rumah pada tahun 2003, 2005, dan 2007, mereka tidak dapat lagi menjadi tuan rumah pada edisi ini.
Pada saat Myanmar menyelenggarakan SEA Games XXVII, negara tersebut akan memegang rekor interval waktu terlama sejak terakhir kali menyelenggarakannya, yaitu selama 44 tahun.
 
Previous
Next Post »