Logo Batalyon Artileri Medan ( Yon Armed ) 1 / 105 Ajusta Yudha

Request Logo By Novi Alim Murdani
Logo/lambang  Batalyon Artileri Medan 1/105 Ajusta Yudha

BATALYON ARTILERI MEDAN 1/105

BAB I

PENDAHULUAN

1.         Umum.
a.         Sejarah perjuangan Indonesia membuktikan bahwa Bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan senantiasa melandaskan diri kepada semangat perjuangan. Sejarah Kesatuan itu sendiri adalah suatu titik tolak untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan dari suatu Kesatuan.
b.         Batalyon Artileri Medan 1/105 sebagai salah satu Kesatuan didalam jajaran Kodam V/Brawijaya mempunyai sejarah tersendiri didalam pertumbuhan dan perkembangannya.
c.         Penting sekali penulisan Sejarah Satuan ini sehingga dapat dipergunakan sebagai tambahan dokumentasi yang berharga dan dapat pula digunakan sebagai tambahan pengetahuan bagi anggota Yonarmed 1/105.
2.         Pengertian.              Yonarmed 105 MM/Tarik adalah Satuan Banpur Artileri Medan yang disusun dengan senjata utama Meriam 105 MM/Tarik serta dilengkapi dengan unsur-unsur administrasi yang diperlukan.


BAB II
SEKITAR PEMBENTUKAN
3.         Latar belakang pembentukan.                Pada tanggal 11 Mei 1946 di Jawa Timur terbentuk 1 (Satu) Batalyon Artileri Lapangan yang diberi nama Batalyon Artileri Komando VI berkedudukan di Waringin Anom Mojokerto. Kemudian pada pertengahan tahun 1947 diganti namanya menjadi Batalyon “C” dengan kekuatan 2 Baterai, pada bulan Maret 1950 Batalyon-batalyon dirubah menjadi Komando Artileri Divisi I berkedudukan di Jln. Wijaya Kusuma No 25 Surabaya.
4.         Pembentuk/pemerkarsa.              Mayor Art Minggu berperan dalam pembentukan Artileri Lapangan I dan diresmikan oleh Inspektur Artileri.
5.         Kapan dan dimana dibentuk.      Pada tanggal 11 Pebruari 1952 telah diresmikan Batalyon Artileri Lapangan I berdasarkan Surat Perintah Kepala Staf TNI AD Nomor Skep/62/Kasad/SP/52  tanggal 29 Pebruari 1952 dan Surat Keputusan Direktur Artileri AD Nomor Skep/6/Kpts/Art/52 tanggal 29 Januari 1952 berkedudukan di Malang. Pada tanggal 11 Pebruari dijadikan Hari Ulang Tahun Yonarmed 1/105
6.         Keadaan pada saat dibentuk.
a.         Pimpinan.     Pimpinan pada saat pembentukan adalah Mayor Art Kasmani
b.      Organisasi/Kesatuan.         Batalyon Artileri Lapangan I pada saat itu dengan susunan 1 Baterai PSU 40 MM dan 2 Baterai Lapangan.

Untuk Melihat daftar logo berdasarkan kategori atau sub katgori tertantu silahkan pada daftar di bawah :
  1. Kumpulan Logo/Lambang Militer Indonesia
  2. Logo/Lambang Korem Seluruh Indonesia
  3. Kumpulan Logo Muhammadiyah
  4. Logo Bank Seluruh Indonesia
  5. Logo Polda Seluruh Indonesia
  6. Logo Kota di Seluruh Indonesia
  7. Logo Kabupaten Seluruh Indonesia
  8. Logo/Lambang Provinsi Seluruh Indonesia
  9. Logo Batalyon Infanteri (Yonif) Seluruh Indonesia
  10. Kumpulan Logo Badan Usaha Milik Negera (BUMN)
  11. Kumpulan Logo Asuransi di Indonesia
  12. Logo Politeknik Seluruh Indonesia
  13. Logo Universitas Seluruh Indonesia
  14. Logo Partai Politik Indonesia
  15. Kumpulan Logo Perusahaan
  16. Kumpulan Logo Baru Indonesia
  17. Kumpulan Logo Lama Indonesia
  18. Logo Kodam Seluruh Indonesia
Previous
Next Post »