Logo Bank IJB Bumi Putera

Bank ICB Bumiputera, dahulu Bank Bumiputera, didirikan pada tanggal 12 Januari 1990 sebagai Bank public oleh AJB Bumiputera 1912, perusahaan asuransi tertua di Indonesia.Bank telah berhasil melalui naik turunnya ekonomi Indonesia. Pada puncak krisis moneter tahun 1990 an, Bank bertahan sebagai Bank sehat dengan kategori A tanpa membutuhkan rekapitalisasi. Hal ini berkat kemampuan Bank dalam mengelola operasional perbankan yang sehat berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik.

Di tahun 2002, Bank go public dan mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham “BABP”.Selama tahun 2004-2007 setelah terjadinya beberapa perpindahan saham, ICB Financial Group Holdings (ICBFGH), group usaha dari beberapa Bank dengan operasional global di 14 negara, menjadi pemegang saham mayoritas.Di tahun 2009, dengan visi baru untuk menjadi Bank Ritel terkemuka, Bank Bumiputera, secara resmi berubah nama menjadi Bank ICB Bumiputera dengan logo dan identitas korporasi baru.

Bank ICB Bumiputera sekarang terus berkembang menjadi Bank komersial terkemuka dengan aspirasi menjadi Bank Ritel Terkemuka di Indonesia. Dengan produk dan layanan yang lengkap melayani nasabah dari segmen bisnis hingga consumer, Bank ICB Bumiputera memiliki jaringan cabang dengan operasional di kota-kota besar di Indonesia dan dengan akses ke jaringan global Bank dibawah ICBFGH.

Bank ICB Bumiputera telah mendapatkan penghargaan dan pengakuan seperti Trusted Company on Corporate Governance Perception Index pada tahun 2010, the Most Attractive Bank dari majalah Warta Ekonomi pada tahun 2011.

Perusahaan telah diakuisisi oleh PT MNC Kapital Indonesia Tbk. sebanyak 30%,sementara ICB Financial Holdings masih memegang saham sebanyak 39,9%.Akuisisi ini akan efektif setelah disetujui Bank Indonesia. Akuisisi dilakukan pada 2 April 2013.
Previous
Next Post »