Logo Pusat Pendidikan Infanteri ( Pusdikif ) Marinir

Request logo by Novi Alim Murdani

PROFIL PUSDIKIF

1.         TUGAS POKOK PUSDIKIFMAR
 
            Pusat Pendidikan Infanteri Marinir bertugas membantu Dankodikmar dalam menyelenggarakan Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa), Pendidikan Dasar Kecabangan Infanteri (Diksarcab), Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) pada strata perwira, Pendidikan Pembentukan Bintara Infanteri (Diktukbaif) ,Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK), Pendidikan Lanjutan Bintara (Diklaba), Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (Dikmata PK), Pendidikan Brievet (IAM) serta menyelenggarakan  Kursus-kursus lainya.
 
2.         FUNGSI PUSDIKIF
 
Melaksanakan pengkajian teknik dan taktik Infanteri serta melaksanakan pembinaan terhadap seluruh kekuatan Pusdikif Kodikmar termasuk sarana dan prasarana pendukungnya. 
 
            3.         SEJARAH PUSDIKIF
 
            Secara umum berdirinya Pusdikif merupakan implikasi dari berkembangnya lembaga pendidikan TNI AL dalam hal ini Kodikal menjadi Kobangdikal sampai pada Satuan Komando Pelaksananya,yaitu Pusdikmar menjadi Kodikmar dimana Pusdikif berada didalamnya sebagai Pusat Pelaksana Pendidikan Infanteri Korps Marinir. Perubahan organisasi inimerupakan landasan strategi guna mengikutiperkembanganlembaga pendidikan yang tercantum dalam visi dan misi TNI AL yang dilaksanakan secara berkelanjutan,sehingga secara struktural bagian-bagian komponen pendukung organisasi dibawahnya secara otomatis akan berkembang sesuai dengan kebutuhan organisasi yang diharapkan dimasa yang akan datang bagi TNI AL.
            Pusat Pendidikan Infanteri Marinir disingkat Pusdikifmar dalam struktur organisasi terkait dengan satuan atas adalah unsur pelaksana yang berkedudukan langsung dibawah Komandan Kodikmar. Pusdikifmar Kodikmar dipimpin oleh Perwira Menengah Korps Marinir dengan pangkat Kolonel Marinir.
            Berdasarkan Perpang/7/V/07 tanggal 29 Mei 2007 dan  Skep Kasal Nomor : Skep/1262/X/2007 tanggal 24 Oktober 2007, Pusdikmar berubah menjadi Kodikmar dan mengalami perkembangan organisasi yang mempunyai Pusdik-pusdik : Pusdik Infanteri (Pusdikif), Pusdik Arteleri (Pusdikart), Pusdik Kavaleri (Pusdikkav) dan Pusdik Bantuan Tempur (Pusdik Banpur) serta satuan Markas dan Satuan Demonstrasi Latih (Sat Demlat).
                        Untuk pertama kalinya, Komandan Pusdikif dijabat oleh Kolonel Marinir Prasojo Sumarto Nrp. 8977/P, adapun pejabat Komandan Pusdikif berikutnya Kolonel Marinir Amin Budi Cahyono NRP 9329/P, selanjutnya Kolonel Marinir Anif Hidayat NRP. 9894/P dan sekarang dijabat oleh Letkol Marinir Bambang Sukarno NRP.10142/P.
 

C.        VISI DAN MISI

1.            VISI PUSDIKIF
 
            Menjadi lembaga pendidikan kejuruan Infanteri Marinir  dan pengembangan doktrin Operasi Amfibi lingkup Infanteri  tingkat taktik dan operasi pertahanan pantai yang bermoral, handal dan profesional.
 
2.            MISI PUSDIKIF
 
a.         Menyelesaikan Program Pendidikan Infanteri dan kursus-kursus dalam segala strata.
b.         Menyusun dan merencanakan program kerja dan anggaran Pusdikif, serta mengajukan kebutuhan anggaran pendidikan.
 
c.         Menetapkan peraturan dibidang pembinaan penyelenggaraan pendidikan dan petunjuk-petunjuk lain yang berkaitan dengan tugas dan lingkup Pusdikif.
 
d.         Melaksanakan pengkajian pendidikan teknik dan taktik operasi amfibi dan operasi lainnya yang melibatkan kekuatan dan unsur Korps Marinir.
 
e.         Melaksanakan kegiatan pendidikan dan latihan ketrampilan yang dibebankan kepada Pusdikif untuk menunjang kelancaran pelaksanaan fungsi yang diemban oleh Pusdikif.
 
f.          Melaksanakan kegiatan dan pembinaan sepuluh komponen Pendidikan dalam proses belajar mengajar.
 
g.         Melaksanakan pembinaan kekuatan Pusdikif guna terselenggaranya fungsi-fungsi Kodikmar.
 
h.         Mengawasi, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan program Pusdikif guna menjamin pencapaian sarana pendidikan secara berhasil guna dan berdaya guna, serta melaporkan pencapiannya kepada Dankodikmar.
 
j.          Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan unsur-unsur di dalam maupun  di luar Pusdikifmar  untuk  kepentingan pelaksanaan tugas pokoknya sesuai dengan tingkat dan lingkup wewenangnya.
 
k.         Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Dankodikmar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
Sumber artikel : http://www.kobangdikal.mil.id/b_pusdikifmar_profil.php
Previous
Next Post »