Logo Baru Universitas Sebelas Maret ( UNS ) 2014

Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-38 Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), yang dilaksanakan hari ini, dihadiri oleh Menteri Perekonomian RI, M. Hatta Rajasa dan juga mantan ketua umum partai Golkar, Akbar Tandjung. Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S membuka Sidang Senat Terbuka ini di Auditorium UNS.

Dalam kesempatan ini pula, UNS melakukan launching  logo terbaru UNS. Hal ini disampaikan oleh Ravik Karsidi dalam pidatonya.  Selain itu, UNS juga memberikan penghargaan kepada Menteri Perekonomian RI, M. Hatta Rajasa, sebagai Inisiator pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi kampus (technopreneur campus).Selanjutnya UNS juga memberikan Penghargaan Dharma Bhakti Parasamya Anugraha, kepada Chairman & President Sahid Group, Dr. (HC). KPH. H. Sukamdani Sahid Gitosardjono, atas jasanya dalam perintisan dan pengembangan kemajuan UNS.

Selain memberikan penghargaan kepada kedua tokoh tadi, Rektor UNS juga memberikan ucapan selamat dan penghargaan kepada 10 orang alumni UNS berprestasi 2014 dan 39 orang dosen UNS sebagai Doktor baru. Ravik mengungkapkan, dari 39 orang Doktor baru, terdapat 13 orang lulusan dari luar negeri dan 26 orang lainnya lulusan dalam negeri.

Rangkaian acara lain pada sidang senat terbuka dalam rangka Dies Natalis UNS ke-38 ini diantaranya yakni peresmian Pusat Inovasi Teknologi (PIT) UNS yang ditandatangani oleh Rektor UNS dan juga Hatta Rajasa.

Anatomi lambang UNS berbentuk bunga dengan 4 daun bunga sebagai visualisasi bangsa, yang berarti pendidikan putra-putri bangsa yang kelak akan mengharumkan nama bangsa & negara, Tiga daun bunga; atas, samping kanan & samping kiri merupakan pengejawantahan tri dharma perguruan tinggi, Satu daun bunga dibawah terdiri atas 5 satuan melambangkan sila-sila Pancasila, garis pembentuk 4 daun bunga dibuat secara berantai sedemikian rupa menggambarkan kesatuan civitas akademika UNS.
Bentuk kepala putik bunga digambarkan sebagai Wiku yang berasal dari bahasa Pali , yang kurang lebih bermakna orang yang berilmu tulisan melingkar yang mirip aksara Jawa merupakan Candra Sangkala (hitungan tahun Jawa) Mangesthi Luhur Ambangun Nagara melambangkan tahun Jawa 1908 atau tahun Masehi 1976, tahun berdirinya UNS.
Secara keseluruhan lambang UNS memvisualisasikan cita-cita luhurnya untuk membangun bangsa, Candra Sangkala itu seolah Praba yang bersinar, Praba dalam sejarah agama & pewayangan dipakai oleh orang suci, bijaksana dan berbudi luhur. Pusat lambang itu adalah otak Wiku (orang yang berilmu) yang digambarkan sebagai nyala api, mengisyaratkan sinar keabadian ilmu pengetahuan yang menerangi menuju pensejahteraan manusia. Warna biru laut merupakan ikrar kesetiaan dan kebaktian terhadap bangsa, negara, tanah air dan ilmu pengetahuan.
Sumber : http://uns.ac.id/id/tentang-uns/arti-lambang-uns/, http://1077fiestafm.blogspot.com/2014/03/dies-natalis-ke-38-uns-launching-logo.html
Berikut adalah Daftar logo/lambang lengkap dengan kategori:

Kumpulan Logo/Lambang Militer Indonesia

Logo/Lambang Korem Seluruh Indonesia

Kumpulan Logo Muhammadiyah

Logo Bank Seluruh Indonesia

Logo Polda Seluruh Indonesia

Logo Kota di Seluruh Indonesia

Logo Kabupaten Seluruh Indonesia

Logo/Lambang Provinsi Seluruh Indonesia

Logo Batalyon Infanteri (Yonif) Seluruh Indonesia

Kumpulan Logo Badan Usaha Milik Negera (BUMN)

Kumpulan Logo Asuransi di Indonesia

Logo Politeknik Seluruh Indonesia

Logo Universitas Seluruh Indonesia

Logo Partai Politik Indonesia

Kumpulan Logo Perusahaan

Kumpulan Logo Baru Indonesia

Kumpulan Logo Lama Indonesia

Logo Kodam Seluruh Indonesia
Previous
Next Post »