Logo Universitas Wijaya Putra

Makna Lambang                              

1. Segi lima yang membentuk lambang merupakan perwujudan dari cita-cita Proklamasi 1945 yang mengandung     pengamalan dan pembela Pancasila;
2. Warna dasar kuning emas melambangkan arti keagungan;
3. Lingkaran luar dengan tulisan Universitas Wijaya Putra Surabaya, melambangkan kebulatan tekad Universitas     Wijaya Putra untuk pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia;
4. Lingkaran dalam di tengah berwarna hitam melambangkan alam yang penuh misteri dan ilmu;
5. Di tengah misteri alam, mekar bunga Wijaya Kusuma yang melambangkan kehidupan bagi umat manusia;
6. Di tengah kelopak bunga tersembul tiga buah putik bunga dan lima putik yang berkembang melambangkan     berkembangnya fakultas;
7. Di atas bunga berpencar cahaya perak membentuk tujuh buah gerigi cahaya yang melambangkan cakra senjata     pamungkas kedholiman;
8. Tujuh buah gerigi cakra merupakan lambang Sapta Prasetya mahasiswa Universitas Wijaya Putra.
Universitas Wijaya Putra didirikan oleh Yayasan Pendidikan Wijaya Putra pada tanggal 27 Pebruari 1981, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Nomor 009/YPWP/II/1981, dimana pada awalnya membuka 3 (tiga) Fakultas yaitu :
1. Fakultas Pertanian, dengan program studi Sosial Ekonomi Pertanian.
2. Fakultas Ekonomi dengan program studi ilmu Ekonomi & studi Pembangunan,, dan Manajemen.
3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dengan program studi Ilmu Administrasi Negara.

Masing-masing program studi tersebut di atas, memperoleh status terdaftar sejak awal berdiri pada tahun 1985 sesuai keputusan Mendikbud Nomor 070/O/1985 pada tahun 1981 sampai dengan akhir tahun 1989. Pada saat itu, kegiatan akademik Universitas Wijaya Putra berlangsung di gedung SD Negeri Kepanjen, Jl Kepanjen No. 15 Surabaya. Terhitung mulai tanggal 2 Pebruari 1990, semua kegiatan akademik dan administrasi terpusat di Kampus baru Universitas Wijaya Putra yang berlokasi di Jl. Raya Benowo Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Surabaya.


Saat ini Universitas Wijaya Putra di bawah naungan Yayasan Insan Indonesia Mandiri (YIIM), telah menyelesaikan pengembangan fasilitas berupa pembangunan gedung kampus tahap II (Gedung B, Gedung C, dan Gedung D). Sejak tahun akademik 1989/1999 juga menempati kampus II di Singgasana Hotel Surabaya (dulu Surabaya Hilton Internasional). Kemudian sejak tahun akademik 2003/2004 menempati kampus III di Prigen. Kampus III disamping sebagai tempat pelaksanaan kegiatan akademis, juga digunakan untuk program Outbound Manajemen Training (OMT) dan sebagai Pusat Pendidikan Perilaku.
Pada tahun akademik 2011/2012, telah dibangun Gedung E, gedung yang baru diresmikan oleh Walikota Surabaya, Ibu Ir. Tri Rismaharini, MT, pada pelaksanaan Dies Natalis ke 31, gedung ini lebih dikonsentrasikan untuk kelas pagi, serta sedang berjalan juga pembangunan kampus di Jajartunggal, Surabaya.
Disamping upaya-upaya pengembangan pembangunan gedung serta pengembangan kampus, Universitas Wijaya Putra juga mengembangkan beberapa program studi dan saat ini telah memiliki 6 fakultas dengan 9 program studi dan telah membuka program Pascasarjana dengan 2 program studi. Adapun program studi yang ada sebagai berikut :
1. Program Pascasarjana, dengan program studi :
? Magister Manajemen (Terakreditasi) Konsentrasi Manajemen Keuangan, MSDM, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pendidikan.
? Magister Administrasi Publik (Terakreditasi) Konsentrasi Kebijakan Publik, Pelayanan Publik dan Kebijakan Pendidikan

2. Fakultas Ekonomi, dengan program studi :
? Ilmu Ekonomi (Terakreditasi) Konsentrasi Ekonomi Regional & Syari�ah
? Manajemen (Terakreditasi) Konsentrasi Manajemen Keuangan, MSDM dan Manajemen Pemasaran
? Akuntansi (Terakreditasi) Konsentrasi Akuntansi Keuangan & Perpajakan
3. Fakultas Pertanian, dengan program studi :
? Sosial Ekonomi Pertanian (Terakreditasi) Konsentrasi Agribisnis
4. Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, dengan program studi :
? Ilmu Administrasi Negara (Terakreditasi) Konsentrasi Kebijakan Publik & Manajemen Pelayanan Publik
5. Fakultas Hukum, dengan program studi :
? Ilmu Hukum (Terakreditasi) Konsentrasi Hukum Bisnis & Peradilan
6. Fakultas Teknik, dengan program studi :
? Teknik Mesin (Terakreditasi) Konsentrasi Mesin Manufaktur & Mesin Otomotif.
? Teknik Industri (Terakreditasi) Konsentrasi Industri Proses & Desain Produk
7. Fakultas Bahasa dan Sastra, dengan program studi ;
? Sastra Inggris (Terakreditasi) Konsentrasi Tesol dan English in Business.

Dalam proses belajar mengajar, mahasiswa dipandu oleh tenaga edukatif yang keseluruhannya berjumlah 216 orang, terdiri dari :
? dosen Tetap Yayasan 161 orang;
? dosen tetap Dpk Kopertis Wilayah VII 16 orang;`
? dosen tidak tetap dari PTN 39 orang;

Dosen-dosen tersebut berasal dari lulusan jenjang pendidikan Doktor sebanyak 38 orang, magister sebanyak 165 orang, 6 diantaranya adalah kandidat doktor, 8 Guru Besar dan sarjana sebanyak 21 orang, 6 diantaranya studi S-2. Sedangkan dosen yang telah lulus sertifikasi dan memperoleh sertifikasi sebagai dosen Profesional sampai saat ini sebanyak 44 dosen. Untuk mendukung proses belajar mengajar, Universitas Wijaya Putra memberikan fasilitas perpustakaan yang memadai, laboratorium dan fasilitas lainnya, serta memberikan kemudahan pelayanan administrasi kepada mahasiswa, yang sekarang ini tengah dikembangkan sistem pelayanan terpadu berbasis pada teknologi informasi.
dikutip dari : http://uwp.ac.id


Demo Blog NJW V2 Updated at: 05.00

0 komentar:

Poskan Komentar