Souvenir Khas Kaimana

Oleh - oleh Khas Kota Kaimana
Bismillah,
Kali ini ada ide baru dari admin untuk membuat satu artikel tentang apa saja yang menjadi produk unggulan Kabupaten Kaimana, yang kemungkinan penting bagi anda yang hendak bepergian ke Kota Senja Kaimana, apa yang hendak di beli di Kota ini untuk di jadikan oleh- oleh saat kembali nanti, atau juga warga Kota Kaimana yang mungkin akan ke daerah lain, apa saja yang ada di Kaimana yang bisa di Jadikan oleh-oleh, berikut admin buatkan dalam bentuk daftar dan bernomor urut. Kabupaten Kaimana memang agak berbeda dengan kota/kabupaten lain di Papua, wilayah papua secara umum yang dikenal souvenirnya adalah Koteka, Seni ukir,Busur, Topi kepala burung cendrawasih dan lain-lain, di Kaimana sendiri hampir tidak di jumpai apa yang disebutkan di atas, di Pedalaman kaimana juga berbeda dengan yang beberapa daerah lain yang biasa di infokan memakai koteka atau jenis pakayan khas yang sering di perlihatkan di Media internet, TV atau lainya. bisa jadi di Kabupaten meliki sejarah yang sedikit berbeda dari daerah lainnya, hal ini bisa di karenakan posisi kabupaten Kaimana di Pesisir Pantai Selatan Papua yang sudah banyak berinteraksidengan wilayah lain di luar papua, seperti di maluku dan kesultanan tidore/ternate di maluku Utara.

Baiklah berikut akan dijelaskan sedikit oleh-oleh atau souvenir apa saja yang bisa di dapatkan di Kabupaten Kaimana..silahkan di simak !!!!

1. Senja / Sunset / Matahari Terbenam

Ini memang Produk unggulan Kota Kaimana yang di berikan yang maha kuasa sejak dulu kala, dan Kota ini juga di Juluki Kota Senja. namun Senja di Kaimana ini tidak bisa di Bawa pulang ke kota anda hihihii, hanya bisa di abadikan momennya saja dan sekaligus di upload di facebook atau DP lackberry anda, hehhe. Nah untuk membahas secara khusus tentang senja di Kota Kaimana ini, saya punya postingan tersendiri, silahakn lihat di "kala Senja Di kaimana" dan ada juga di "waktu yang tepat menikmati senja Kota kaimana", semoga anda terkesan mebacanya,,,

2. Salak Manis


Memang hampir di tiap-tiap daerah, buah salak bukanlah hal yang susah di cari, namun yang memedakannya adalah salak Kaimana punya rasa yang lebih enak dari salak seperti pada umumnya, mungkin saja salak ini ada di daerah lain juga, namun di kota Kaimana lah Salak di jadikan sebagai oleh-oleh, jika anda datang atau pergi ke Kota Kaimana dengan  Pesawat terbang, di Bandara Utarum Kaimana sudah ada yang menjual Buah salak Manis itu, bahkan disediakan contoh buah untuk di cicipi sebelum membeli. dan kalau membeli dengan harga yang lebih murah lagi, bisa langsung ke rumah Juragan salak itu yang rumahnya tidak jauh dari Bandara.

3. Taman laut telok Triton




Kota  Kaimana juga tidak kalah dengan Raja ampat, yaitu ada wisata bawah laut, cocok bagi anda yang suka snorkeling, namun sayangnya letaknya sangat jauh dari Kota kaimana,  bagi kita yang tingal di Kaimana, rasanya susah untuk mau kesana, tidak ada jalan Darat, jalan laut juga susah, kecuali bagi anda yang memeng besungguh-sungguh mau menjelajahi Apa saja yang indah di Kaimana.

4. Minyak Lawang


Selain ada juga di Daerah lain di Papua, di Kaimana juga sudah ada Pengusaha UKM yang memproduksi minyak Lawang ini walau masih skala kecil, namun kabarnya pesanan produk ini sudah dari dulu dan sudah menyebar ke seluruh Indonesia, dan kalau tidak salah juga sudah sampai ke luar negeri, khususnya negeri tetangga kita, si admin sendiri sudah pernah mendengar orang-orang pada pada pesan minyak lawan ini jika ada sanak saudara atau kerabat yang sedang bepergian ke Kota Kaimana.

5. Daun Bungkus


Daun  yang berkhasiat memperbesar Penis ini memang sempat jadi berita tertas di banyak media lantaran manfaatnya. Daun ini juga bukan hanya ada di Kabupaten Kaimana, namun juga tersedia di daerah lain di Papua, di Kaimana daun ini belum di perjual belikan di pasaran,baik itu daun segar atau berupa bubuk,  melainkan jika ada yang pesan, maka akan di carikan di hutan. Penasaran dengan daun ini? si admin juga sudah punya cerita tentang cara dan pemanfaatan daun ini, silahkan baca di " Cara menggunakan Daun Bungkus".

6. Ikan, Udang, Kepiting, Rusa, Burung

Nama-nama hewan di atas juga sangat banyak populasinya di hutan dan laut Kabuaten  Kaimana walaupun juga banyak di daerah lain di indonesia, setidaknya di Kota Kaimana, hewan diatas, lebih gampang kita membelinya.dan bisa juga jadi alternatif oleh-oleh jika ada yang suka dengan hewan ini, untuk ikan sendiri di tahun-tahun sekarang sudah tidak lagi seramai dulu, sekarang harga jual ikan sudah hampir sama dengan daerah lain di Papua, dan itu juga ramai hanya pada waktu musim-musim tertentu, Sedangkan burung, akan ramai jika musim buah di hutan.

7. dan lain lain sebagainya


Selain 6 poin di atas, masih banyak lagi souvnier atau produk unggulan Kota/ Kabupaten kaimana yang tidak dirincikn satu-persatu, namun yang mau admin sebut adalah potensi di bidang pariwisatanya, di antaranya ada danau Yamoor yang admin sendiri belum pernah mengunjunginya, pegunungan yang menyeruai burung garuda yang admin sendiri masih sekedar mendengar dari mulut ke mulut dan sempat melihat di foto profif facebook salah satu penduduk kota Kaimana. Dan juga Pulau Namatota yang memiliki catatan sejarah tentang Kerajaan di Kaiamana.

Demikian sedikit catatan dari admin, adapun ini merupakan artikel rintisan yang hanya bedasarkan  pengetahuan pribadi yang di dapatkan di beberapa media dan dan cerita rakyat, yang jika kemudian terdapat kekeliruaan atau salah, masukan dan kritikan dari pembaca yang bernilai postif sangat admin harapkan.

Terima Kasih sudah berkunjung di Blog ini.
salam Blogger
Ardi
tuturial-sorong.blogspot.com
ardilamadi@gmail.com
Pin BB : 266e1bcb
Kaimana - Papua Barat

Berikut daftar logo atau artikel yang sesuai dengan Judul Postingan di Atas :

Previous
Next Post »
0 Komentar