Logo Kabupaten Obi Raya

Logo Kabupaten Obi Raya
Artikel ini merupakan artikel ritisan untuk logo Kabupaten Obi Raya, adapun lambang/logo yang di tampilkan bukanlah logo resmi melainkan hanya logo kreasi admin belaka. Seperti yang sudah kita dengar, masayarakat di pulau obi dan pulau-pulau kecil disekitranya sudah dari beberapa tahun lalu mengupayakan untuk dapat membuat pemerintahan  sendiri dan terlepas dari kabupaten induknya Kabupaten Halmahera selatan, hinga sekarang usaha itu terus berjalan, entah apa yang masih kurang dalam usaha ini hingga saat ini belum juga mendapatkan restu untuk berdiri menjadi kabupaten sendiri, padahal beberapa daerah yang sama yang dahulunya pernah melakukan hal yang sama juga sudah mendapat restu dari pemerintah pusat atau pemerintah induk daerah sebelumnya, tapi itu bukan alasan untuk berhenti berusaha. Sebagai Pribadi  kelahiran dari Pulau itu, tentu juga berharap dan berupaya untuk kemajuan serta kesejahteraan daerah kelahiranya, walau sekarang admin sendiri sudah berada di Papua, namun kita masih punya cara lain untuk melakukan atau memberi semangat akan usaha itu, walau tak begitu bernilai, setidaknya ini masih lebih baik dari tidak sama sekali. Dengan sedikit berharap, mudah-mudahan di pulau inilah jasad admin akan di kuburkan, di samping sang Ibu yang sudah duluan menanti datangnya hari pembalasan. Dan sekarang yang dilakukan admin adalah membuatkan logo/lambang daerah untuk kabupaten Obi Raya.

Pada lambang di atas, yang mau sedikit di jelaskan oleh admin adalah isi dari lambang, terlihat ada tumbuhan cengkeh, Pala dan Kelapa, itu memang tumbuhan yang banyak di temukan di Pulau Obi, yang dulunya penduduk Pulau Obi pernah berjaya dengan hasil Panen Cengkeh, untuk kelapa sendiri, rata-rata hanya di jadikan kopra dan di jual ke kota lain di Maluku Utara atau daerah lain, sedangkan pala, walau banyak tumbuh, atau dulunya pernah banyak di tanam oleh masyarakat pulau Obi, namun belum ada industri khusus baik itu berupa industri rumah tangga yang membuat sesuatu yang kiranya bernilai jual yang berbahan dasar Pala . Seperti di Kota Fak-fak yang dijuki kota Pala, di kota ini banyak souvenir khas kotanya yang berbahan dasar Pala, seperti manisan pala dan lain-lain. Selain tumbuhah yang di sebutkan di atas, masih banyak lagi yang menjadi produk unggulan dari pulau ini, di ataranya adalah hasil hutan, yang mungkin saat ini sudah habis di jarah oleh para pengusaha kerkantong besar, yang mungkin juga sama-sama mengaku bertanah air yang satu, tanah air Indonesia, namun setelah apa yang dicari sudah tidak ada lagi, di biarkalah daerah itu, yang dipikirkan hanyalah isi kantongnya yang tak ada ukuran maksimalnya. selanjutnya yang menjadi produk andalan sekarang adalah hasil pertambangan, yang sekarang sedang giat-giatnya banyak perusahaan berbondong-bontong datang di pulau obi untuk mengekspolrasi isi bumi pulau obi, tanpa mempertimbangkan dampak dari lingkungan di kemudian hari, memang itu membuka banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat daerah terdekat, tapi itu tidak menjanjikan untuk anak cucu kelak, yang nantinya hanya akan berbangga sambil bercerita ke kawan-kawannya kalau dahulunya daerahnya sangat kaya akan hasil tambang, dahulunya kakeknya yang ikut menikmati hasil hasil kekayaan itu. dan sekarang yang dilihat hanyalah lahan gersang tak terurus lagi.

Yang ingin admin tonjolkan dari apa yang ada di Pulau obi adalah Produk wisata Alam, pulau obi ini sebenarnya tidak kalah dengan pulau-pulau yang sudah terkenal hingga keluar angkasa saat ini, seperti Raja ampat yang dijuluki surga yang jatuh ke bumi, memang pariwisata itu tidak ada matinya, seiring kesejahteraan bangsa meningkat, kebutuhan akan pariwisata juga ikut meningkat, bahkan di beberapa daerah di dunia, Pariwisatalah yang di jadikan pendapatan pemerintahan  daerah dan masyarakat. memang admin sendiri tidak bisa bercerita banyak tentang keindahan pulau obi, hanya dikarenakan belum pernah mejelajahi semua isi alamnya, hanya beberapa pulau yang di datangi admin, dan sekarang  hanya punya satu cerita kalau di sekitar tahun 2003 (semoga tidak salah), ada satu kapal pesiar besar yang berisikan wisatawan mancanegara yang berkunjung di Pulau ini, kedatangan mereka tidak lain karena ketertarikan akan apa yang mereka lihat atau diceritakan oleh orang sebelumnya yang pernah berwisata di Pulau ini, namun sayangnya kunjungan ini tidak berlanjut untuk yang kedua kalinya. memang waktu itu belum ada perhatian khusus tentang pariwisata, baik dari pemerintah atau masyarakat, dan satu cerita yang admin tau, masyarakan di kampung admin kalau pergi mencari ikan di laut, yang di ganakan adalah bom, ya,,bom di lepas di laut, sungguh tragis, bukan hanya ikan yang mati, namun tubuhan laut lain juga mati, entah sekarang, apa masih berlanjut atau sudah sadar, atau mungkin dia juga yang akan bercerita kalau dulunya di bawah laut pulau ini pernah di dititipkan surga dari langit, namun sudah pergi takut kena bom.

Demikian sedikit catatan admin, harapan admin  semoga masyarakat  di Pulau Obi akan meningkat kesejahteraannya seiring upaya membentuk kabupaten sendiri, bukan hanya menjadi penonton di daerah sendiri, bukan pula menjadi Orang yang hanya bercerita tentang kejayaan di masa lalu.

Terima Kasih sudah berkunjung di Blog ini.
salam Blogger
Ardi
tuturial-sorong.blogspot.com
ardilamadi@gmail.com
Kaimana - Papua Barat

Berikut daftar logo atau artikel yang sesuai dengan Judul Postingan di Atas :

Previous
Next Post »
0 Komentar