Pulau Obi

Tutorial-sorong.blogspot.com. Pulau Obi, Salah Satu Pulau di Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara,yang dulunya hanya terdiri dari satu kecamatan, sekarang dengan bertambahnya jumlah penduduk serta maraknya pemekaran kabupaten di Maluku Utara, maka pulau Obi juga sekarang sudah lebih baik, sudah dimekarkan lagi menjadi beberapa Kecamatan, dan hal ini akan mendukung pembetukan kabupaten baru di pulau obi  seperti yang sedang di usahakan sekarang Sebagaimana Beberapa wilayah lain di Provinsi Maluku Utara ini yang sudah di mekarkan.
Pada artikel ini yang akan dibahas hanyalah jumlah kecamatan serta desa beserta namanya yang ada di Pulau Obi, dan juga di sertakan dengan kode pos untuk tiap kecamatan, mengapa kode POs?  karena daftar nama desa itu saya di dapatkan pada dokumen Pos Indonesia, Tepatnya di Download di Wahana.posindonesia.co.id ( website internal) tentang perubahan kode pos untuk wilahah di Papua dan Maluku. yang sebelumnya untuk Pulau Obi yang memiliki satu nomor kode pos yaitu 97792, sekarang sudah di bagi menjadi bebrapa kode pos. Dan sengaja penulis mau membahas tentang ini, karena penulis memang berasal dari pulau ini juga. namun belum semua desa dan pulau-pulau sudah di kunjungi oleh penulis, hal itu di karenakan selain waktu masih berada di pulau obi, Penulis masih berstatus siswa, jadi belum bebas kemana-mana, sejak melepas status siswa, penulis sudah bepergian jauh meninggalkan pulau ini, walau sempat beberapa hari pulang cuti, namun itu juga cuma di rumah.

Baiklah sekarang akan di Uraikan langsung daftar nama kecamatan dan desa di Pulau Obi, berikut datanya :

1. Kecamatan Obi
Kode Pos  Baru di Kecamatan ini adalah 97961. Kecamatan ini merupakan kecamatan induk saat masih menjadi satu Kecamatan yang berkedudukan di desa Laiwui, dan sekarang terdiri dari 9 Desa yaitu :
1. Desa Laiwui
2. Desa Buton
3. Desa baru
4. Desa Jikotamo
5. Desa Sambiki
6. Desa anggai
7. Desa Air mangga Indah
8. Desa Akegula
9. Desa Kawasi

Hampir semua desa di Kecamatan ini bisa di jangkau dengan transportasi Darat kecuali ke Desa Kawasi, mulai dari Desa Baru hingga Desa Air Mangga indah sudah tersedia jalan darat, dah juga bisa di jangkau dengan transportasi laut dikarenakan Seluruh desa di Kecamatan ini kecuali Desa Buton, berada di pesisir pantai. Semua desa disini sudah berusia lama kecuali desa Air Mangga Indah yang merupaka desa hasil dari konflik Horisontal di Maluku yang dampaknya berimbas hingga ke seluruh pelosok Maluku, termasuk di Pulau Obi ini. Di Kecamatan ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas Umum seperi Kantor Pos, Bank BRI dan Bank Maluku, Puskesmas dan juga sudah ada Signal telekomunikasi Telkomsel dan Indosat.


2. Kecamatan Obi Selatan
Kode Pos  Baru di Kecamatan ini adalah 97962. Kecamatan ini berada di bagain selatan Pulau Obi, yang dibagian selatnnya berbatasan dengan Selat Obi dan Pulau Seram, adapun kecamatan ini terdiri dari Delapan desa yaitu :
1. Desa Wayaloar
2. Desa Fluk
3. Desa Mano
4. Desa Bobo
5. Desa Loleo
6. Desa Soligi
7. Desa Gambaru
8. Desa Ocimaloleo
Kode Pos Baru untuk kecamatn ini adalah Ibu kota kecamatan ini berada di Desa wayaloar

3. Kecamatan Obi Timur

Kode Pos di kecmatan ini adalah 97963 , adapun kecamatan ini berada di bagian selatan pulau obi dan terdiri 4 Desa yaitu :
1. Desa Sum
2. Desa Kelo
3. Desa Sosepe
4. Desa WOoi


4. Kecamatan Obi Barat
Kodepos baru di Kecamatan ini adalah 97968 , Adapun Kecamatan ini berada di Pulau Obilatu, pulau kecil di Bagian barat Pulau Obi yang termasuk dari gugusan pulau Obi. Kecmatan ini terdiri dari 6 desa, yaitu :
1. Desa Alam Kenanga
2. Desa Alam Pelita
3. Desa Jikohai
4. Desa Manatahan
5. Desa Soa Sangaji
6. Desa Tapa

Untuk ke Kecamatan ini, bisa menggunakan transportasi laut dari Desa Laiwui atau Desa Jikotamo

5. Kecamatan Obi Utara
Kode Pos  Baru di Kecamatan ini adalah 97969. Adapun kecamatan ini berada di pulau Bisa,dan Pulau Pasir putih, masing-masing berada di bagian utara pulau Obi, sama seperti Pulau Obilatu, pulau ini juga merupakan gugusan pulau Obi. kecamtan Obi UTara terdiri  dari 7 desa yaitu :
1. Desa Cap
2. Desa Madapolo
3. Desa Galala
4. Desa Madapolo Barat
5. Desa Waringoi
6. Desa Pasir Putih
7. Desa Madapolo Timur
Previous
Next Post »
0 Komentar