Logo Yonzipur 9 Para

Batalyon Zeni Tempur 9/Para disingkat Yonzipur 9/Para berdiri pada tanggal 1 Maret 1962 dan bermarkas Jl. Jend. AH Nasution Ujung Berung, Jawa Barat.
Merupakan satuan zeni tempur dengan kualifikasi para, dan batalyon organik dari Divisi Infanteri 1/Kostrad.
Batalyon ini terdiri atas:
  • Markas Batalyon,
  • Kompi Markas,
  • Kompi Bantuan dan 3 Kompi Lapangan.
Pada saat berdirinya Yonzipur 9 merupakan gabungan dari 1 kompi dari Yonzipur 3 Dam III/Siliwangi dan 1 Kompi dari Yonzipur 5 Dam V/Brawijaya. Karena cikal bakal satuan ini merupakan campuran dari prajurit-prajurit dari beberapa satuan maka sampai sekarang asrama Yonzipur 9 juga dikenal dengan "Bumi Campurit" (Tanah Campuran Prajurit).
Pada Awal berdirinya batalyon ini disiapkan untuk satuan tugas yang akan dioperasikan untuk merebut Irian Barat di bawah Komando Operasi Mandala.
Dislokasi dan komposisi Satuan.
  • Dalam rangka realisasi pembentukan KORA 1/CADUAD atau sekarang dikenal dengan nama Kostrad, maka diperlukan pengisian satuan-satuan ke dalam tubuh KOSTRAD tersebut, diantaranya adalah dengan dibentuknya kesatuan inti seperti Kotama Tempur dan satuan-satuan Banpur serta Banmin.
  • Selanjutnya untuk pembentukan satuan Banpur khususnya kecabangan Zeni, direkrut dari kesatuan-kesatuan Zeni yang teradapat dalam Kodam/Kotama daerah misalnya pembentukan Yonzipur 9/Para yang berkedudukan di Ujungberung Bandung Timur.
  • Batalyon Zeni Tempur 9/Para pada saat lahirnya hanya terdiri dari 2 Kompi :
    Satu Kompi dari Yonzipur 3 Dam VI/Siliwangi, dibawah Pimpinan Komandan Kompi Kapten Czi Moeis Tjondro BE.
    Satu Kompi dari Yonzipur 5 Dam VIII/Brawijaya, dibawah Pimpinan Komandan Kompi Lettu Czi R. Soekendar.
Awal Terbentuknya serta Perkembangan Satuan. a. Pada Tahun 1962 disaat Bangsa Indonesia dalam kancah perjuangan fisik di lapangan dan perjuangan diplomasi di atas meja perundingan untuk Irian Barat dari tangan kolonialisme Belanda, disaat itulah perjuangan TNI di lapangan, khususnya TNI-AD sangat memerlukan prajurit-prajurit Corps Zeni. Dalam perjuangan merebut Irian Barat tersebut, lahirlah dalam tubuh TNI-AD suatu Kotama Tempur yang diberi nama KORA I/CADUAD yang saat ini lebih dikenal dengan KOSTRAD. b. Dalam tubuh KOSTRAD, dengan Keputusan Kasad Nomor : KPTS-557/IV/1962 tanggal 18 April 1962 secara resmi lahir Batalyon Zeni Tempur 9/Para yang berkedudukan di Ujungberung - Bandung, suatu tempat yang mempunyai sejarah kepahlawan yang tersendiri dalam masa Revolusi. Namun sesungguhnya
Batalyon Zeni Tempur 9/Para sudah terbentuk sejak tanggal 1 Maret 1962 dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai lahirnya/hari jadi Batalyon Zeni Tempur 9. c. Sejak Tahun 1987 Batalyon Zeni Tempur 9/Para Kostrad berubah menjadi Batalyon Zeni Tempur 9 Divif 1 Kostrad.

LAMBANG SATUAN, ARTI DAN MAKNA SERTA SESANTI
Lambang Satuan Yonzipur 9/1 Kostrad adalah ” Lang Lang Bhuwana
Arti Lambang Satuan. a. Rajawali - Melambangkan kegagahan disertai kewaspadaan dalam menghadapi setiap ancaman dan selalu siap untuk melaksanakan tugas terutama bidang keparaan/penerjunan. b. Sayap
       1)  Sayap mengembang, menunjukan kesiap siagaan dalam menghadapi tugas yang datang     setiap saat.
       2)       Jumlah bulu pada sayap kiri maupun kanan sebanyak 17 lembar menggambarkan tanggal 17 sebagai angka keramat, dimana prajurit Yonzipur 9 selalu siap sedia untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.
       3)       Titik putih pada sayap kiri dan kanan sebanyak 7 buah, melambangkan dalam melaksanakan tugas selalu berpedomana kepada Sapta Marga.
c. Kepala
       1)  Kepala menghadap kedepan sebagai lambang kesiapan dalam menghadapi segala tantangan.
       2)       Titik putih sebanyak 7 buah pada bagian kepala serta leher melambangkan dalam setiap tindakan dicerna terlebih dahulu dan berpedoman kepada Sapta Marga.
d. Ekor Jumlah bulu-bulu pada ekor sebanyak 8 lembar melambangkan dalam setiap tugas, baik tugas tempur maupun tugas lainnya tidak pernah melupakan /mengabaikan 8 Wajib TNI. e. Kaki
       1)  Siap mencengkram, melambangkan kesiapan dalam menghadapi segala tantangan dan ancaman demi untuk keselamatan dan kejayaan Republik Indonesia.
       2)       Pada kaki kanan terdapat titik putih 3 buah, menunjukan bulan berdirinya Yonzipur 9 yaitu bulan Maret.
f. Kotak Segi Lima Melambangkan prajurit Yonzipur 9 dalam melaksanakan tugasnya berlandaskan pada Pancasila dan mempertahankan Pancasila tetap menjadi milik Bangsa Indonesia serta berpegang teguh kepada Sumpah Prajurit. g. Tata Warna
       1)  Warna Hijau     : Keunggulan, kemenangan, kegagahan keberanian, kecintaan yang menunjukan sifat keperwiraan, berani karena benar dan cinta kepada pengabdiannya terhadap nusa dan bangsa.
       2)       Warna Kuning:   Cahaya kejayaan, keanggunan melambangkan sikap kemahiran, keterampilan dan kebijaksanaan untuk kesempurnaan tujuan.
       3)       Warna Hitam:    Ketenangan dan ketabahan yang abadi melambangkan ketekadan, keteguhan dan keuletan dalam membela, mempertahankan keadilan dan kebenaran.
       4)       Warna Putih     :       Pemikiran yang asli/murni bercita-cita murni dalam menghadapi tugas.
Makna Lambang Satuan. LANG LANG BHUWANA BERARTI ”PRAJURIT YONZIPUR 9 DIVIF 1 KOSTRAD SELALU SIAP UNTUK MELAKSANAKAN TUGAS YANG DIBEBANKAN OLEH NEGARA KESEGALA PENJURU NUSANTARA DALAM BENTUK OPERASI DI DARAT MAUPUN LINTAS UDARA”.
Sesanti Satuan. Sesanti Batalyon Zeni Tempur 9/1 Kostrad adalah ”TUNGGUL BATALYON ZENI TEMPUR 9 LANG-LANG BHUWANA”
Tugas Pokok. Batalyon Zeni Tempur 9/1 Kostrad memiliki tugas pokok Menyelenggarakan Kostruksi dan Destruksi guna memperbesar daya gerak sendiri, memperkecil daya gerak musuh dan Nubika Pasif, serta mempertinggi kelangsungan hidup dan kemampuan operasi satuan manuver Divisi Infanteri 1 Kostrad.
dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar