Logo Yonif 116 Garda Samudera

Logo Yonif 116 Garda Samudera
Batalyon Infanteri 116/Garda Samudera diresmikan pembentukannya pada tanggal 6 Desember 2004, di Balai Teuku Umar, Kodam Iskandar Muda oleh KSAD Ryamizard Ryacudu. Peresmian dilakukan bersamaan dengan dua Yonif baru lainnya yaitu Yonif 114/Satria Musara dan Yonif 115/Macan Leuser.

Markas Batalyon terletak di Alue Peunyareng, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, sedangkan Kompi A berkedudukan di Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Kompi B berkedudukan di Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Kompi C Berkedudukan di Lapang, Kabupaten Aceh Barat, Kompi D di Teunom Kabupaten Aceh Jaya, dan Kompi E berposisi di Bukit Keutapang, Calang Kabupaten Aceh Jaya, sedangkan Kompi Bantuan dan Kompi Markas Berkedudukan di Makoyonif 116/Garda Samudera Alue Peunyaring.

Batalyon ini adalah yang terbaik, dikenali dekat dengan masyarakat di sekitarnya.

Yonif 116 dan dua Yonif tersebut di atas memiliki anggota yang lebih banyak dari pada Yonif lainnya yaitu sebanyak 1000 personel. Untuk pengadaan personel, Kodam Iskandar Muda mengadakan Secata PK TNI-AD Khusus NAD yang persyaratannya tidak seperti Secata PK di Kodam lain seperti batas usia maksimal calon tamtama bisa mencapai maksimal 27 tahun, sedang Secata di Kodam lain maksimal 22 tahun.
dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar