Logo Kabupaten OKU Timur


ARTI LAMBANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR
(Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Nomor 26 Tahun 2006)



1. Makna motif dan lambang Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

a.
Jembatan irigasi serta garis yang bergelombang warna putih dan biru muda berarti : sungai sebagai kehidupan masyarakat Ogan Komering Ulu Timur lebih kurang dari 60% tergantung pada sektor persawahan yang dialiri oleh Irigasi Komering yang berada di desa Perjaya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan kabupaten sekitarnya yang menjadi penunjang pendapatan asli daerah guna pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

b.
Persawahan mencerminkan keanekaragaman masyarakat Ogan Komering Ulu Timur, ada Komering, Jawa, Padang, Ogan dan lain sebagainya namun tetap menjadi satu kesatuan yang utuh, saling hormat-menghormati satu sama lain baik dalam kehidupan beragama, dan yang tak kalah pentingnya tetap menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

c.
Padi dan Kapas mencerminkan untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial menuju masyarakat adil dan makmur seperti yang diamanatkan Undang-Undang Dasar 1945. Pembangunan yang menjadi prioritas Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur adalah sektor pertanian dan perkebunan.

d.
Tepak yang berwarna merah putih mencerminkan adat istiadat dan kehidupan yang ada dalam masyarakat Ogan Komering Ulu Timur tetap dipertahankan selalu menjadi pertimbangan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dalam hal mengambil kebijakan dan Keputusan dalam menjalankan roda pemerintahan dengan kata lain, segala keputusan yang menyangkut kehidupan masyarakat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, pemerintah akan meminta sumbangan pemikiran dari tokoh-tokoh adat dan tokoh masyarakat Ogan Komering Ulu Timur.

e.
Perahu yang berwarna kuning mencerminkan bahwa masyarakat Ogan Komering Ulu Timur akan menatap masa depan yang lebih cerah.

f.
Tulisan Sebiduk Sehaluan mencerminkan bahwa masyarakat Ogan Komering Ulu Timur terletak pada suatu wadah kegiatan baik tani, dagang, pegawai dan lain sebagainya. Namun kegiatan tersebut tetap mempunyai tujuan yang sama yaitu membangun Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

g.
Warna Biru mencerminkan bahwa masyarakat Ogan Komering Ulu Timur mengakui sumber daya alam dan kekayaan yang terkandung didalamnya serta segala sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat selalu dalam pengawasan dari Allah. Sehingga pemerintah dan masyarakat percaya kepada Tuhan ang menciptakan langit dan bumi dan selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

h.
List warna kuning mencerminkan lambang kesatuan dan persatuan pada masyarakat Ogan Komering Ulu Timur yang kokoh dengan menganut azas keterbukaan, kebersamaan, kerukunan, kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat Ogan Komering Ulu Timur.



2. Makna Warna

Dalam perisai terdapat isi dan warna yaitu :

a. Dasar Lambang : Berwarna merah, biru, hijau, abu-abu, biru muda serta sisi perisai berwarna kuning

b. Tepak : Berwarna merah putih

c. Jembatan Irigasi : Berwarna abu-abu

d. Kotak-kotak : Berwarna hijau

e. Tiga Gelombang : Berwarna biru laut

f. Buah Padi : Berwarna kuning

g. Bunga Kapas : Kelopak bunga berwarna hijau, dan bunga berwarna putih

h. Tulisan Moto Sebiduk Sehaluan : Berwarna putih

i. Tulisan OKU TIMUR : Berwarna hitam

Warna dan arti Lambang Daerah ditetapkan sebagai berikut :

a. Biru/biru muda : Berarti ketenangan/kedamaian

b. Hijau/hijau daun : Berarti kesuburan dan kemakmuran

c. Kuning : Berarti ketentraman

d. Merah : Berarti berani/patriotik

e. Putih : Berarti kesucian/kebenaran



3. Ukuran Lambang

Lambang Daerah berbentuk perisai dengan ukuran sebagai berikut : Tinggi Lambang 16 (enam belas) cm berbanding 12 (dua belas) cm; panjang sisi lengkung sebagai perisai sepertiga kali lebar.
dikutip dari :http://www.okutimurkab.go.id/arti-lambang


Demo Blog NJW V2 Updated at: 03.21

0 komentar:

Poskan Komentar