Logo Brigif Linud 19

Logo Brigif Linud 19
Dalam jajaran Kostrad, terdapat tiga Brigade Infanteri (Brigif) berkualifikasi lintas udara (linud), masing-masing adalah Brigif Linud 3/Tri Budi Mahasakti, Brigif Linud 17/Kujang I, dan Brigif Linud 18/Trisula. Sedang Brigif lainnya yang masih di jajaran Kostrad adalah Brigif 6, Brigif 9, dan Brigif 13. Adapun Brigif di luar komando Kostrad, adalah Brigif 1/Jaya Sakti dari Kodam Jaya, dan Brigif 15/Kujang dari Kodam III/Siliwangi.

Brigif Linud 3 dan Brigif Linud 17 menginduk pada Divisi Infanteri 1 Kostrad, sementara Brigif Linud 18 menginduk pada Divisi Infanteri 2 Kostrad.

Brigif Linud 18/Trisula resmi berdiri tanggal 28 Juli 1966, dalam sebuah upacara kemiliteran di lapangan Sumber Alur Malang, yang dipimpin Deputy II Pangad Mayjen TNI Soerono.

Sejarah
Pada awal berdirinya, kesatuan baru didukung dua bataliyon, masing-masing adalah:
  • Yonif 530/Para (kemudian bernama Yonif Linud 502/Ujwala Yudha), dan
  • Yonif Linud 531/Bajra Yudha (kemudian bernama Yonif Linud 501/Bajra Yudha).
Dan karena pada umumnya kekuatan satu brigade itu adalah tiga bataliyon, maka untuk menggenapinya, kesatuan ini diperkuat lagi oleh Yonif Linud 401/Banteng Raiders (Semarang), pada tahun 1974. Namun sekitar tahun 1977, Yonif Linud 401/Banteng Raiders diserahkan kembali ke induk lamanya, yaitu Kodam IV/Diponegoro.
Sebagai gantinya ditetapkan Yonif 503/Mayangkara dari Kodam V/Brawijaya, yang bermarkas di Mojokerto. Untuk meningkatkan kualifikasi menjadi kesatuan lintas udara, perlu ada pelatihan khusus bagi personel Yonif 503. Setelah program pelatihan selesai, sebutan mereka menjadi Yonif Linud 503/Mayangkara.

Satuan Organik

Pada saat ini satuan-satuan organik di bawah Brigif Linud 18/Trisula terdiri dari:
  1. Yonif Linud 501/Bajra Yudha, berkedudukan di Madiun
  2. Yonif Linud 502/Ujwala Yudha, berkedudukan di Jabung, Malang
  3. Yonif Linud 503/Mayangkara, berkedudukan di Mojosari, Mojokerto
  4. Detasemen Markas, berkedudukan di Jabung, Malang
Markas Brigif ini juga berkedudukan di Jabung, Malang.

Operasi Trisula

Mungkin masyarakat kita masih ingat akan "Operasi Trisula", yakni sebuah operasi penumpasan sisa-sisa G 30 S/PKI, di daerah Blitar Selatan. Operasi itu memakai nama "Operasi Trisula" karena kesatuan inti yang digerakkan dalam operasi tersebut, berasal dari Brigif Linud 18/Trisula, di bawah pimpinan Kol Inf Witarmin.
Sebagai satuan Lintas Udara, Brigif Linud 18/Trisula termasuk pasukan yang ikut dalam operasi lintas udara, dalam rangka merebut kota Dili, Timor Timur, tanggal 7 Desember 1975 dini hari. Itu termasuk operasi pertama skala besar TNI, untuk menduduki Timtim. Operasi ini dipimpin Kol Inf Matrodji.

Slogan Kesatuan

Sesanti kesatuan ini adalah "Sarvatra Eva Yudha", yang artinya: dapat bertempur di mana saja, dalam segala cuaca dan arah.

dikutip dari wikipedia

0 Response to "Logo Brigif Linud 19"

Poskan Komentar