Logo Brigif 4 Dewa Ratna

Logo Brigif 4 Dewa Ratna
Brigade Infanteri 4/Dewa Ratna kembali diaktifkan bersamaan diresmikannya 4 Brigif lainnya oleh KASAD Jenderal TNI Djoko Santoso pada tanggal 12 April 2007 di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Brigif 4/Dewa Ratna dibekukan pada tahun 1984.
Brigif-4/Dewa Ratna merupakan satuan tempur yang berada dibawah komando langsung Kodam IV/Diponegoro. Brigif-4/Dewa Ratna sesuai TOP ROI 95 mempunyai susunan yang terdiri dari 1 Detasemen Markas yang dikomandani oleh seorang Mayor dan 3 Yonif yang dikomandani oleh seorang Mayor atau Letkol, sedangkan yang mengomandani Brigif 4/Dewa Ratna adalah seorang Kolonel. Pengaktifan kembali Brigif - 4/Dewa Ratna sebagai satuan tempur yang memperkuat Kodam IV/Diponegoro dalam rangka mengemban tugas pokok TNI AD. Komandan Brigif - 4/Dewa Ratna yang sekarang (periode 2007 - sekarang) adalah Kolonel Inf Ahmad Supriyadi.

Batalyon organik

Semenjak diresmikan pada tanggal 12 April 2007 bersamaan dengan itu pula terjadi alih status untuk tiga batalyon infanteri dari Korem 071/Wijayakusuma ke Satuan Organik Brigif - 4/Dewa Ratna, ketiga batalyon tersebut adalah:
  1. Batalyon Infanteri 405/Surya Kusuma
  2. Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma dan
  3. Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma
dikutip dari wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar