Logo Android

Logo Android
Perangkat dengan sistem operasi Android telah berhasil mengalahkan BlackBerry di Indonesia.

Menurut IDC, sistem operasi buatan Google ini sudah berhasil mendapatkan 52 persen market share Indonesia pada kuartal II-2012.

Semakin banyak perangkat Android dengan harga yang murah dan meningkatnya jumlah aplikasi Android mendorong peningkatan market share sistem operasi Android di Indonesia.

"Peningkatan pengiriman ponsel berbasis Android didorong tidak hanya dengan semakin terjangkaunya perangkat tersebut, tetapi juga oleh meluasnya jangkauan dari aplikasi dan meningkatnya popularitas dari (perangkat) touchscreen," kata Darwin Lie, Market Analyst untuk Client Devices Research, IDC Indonesia, seperti dikutip dari siaran pers dari IDC.

Menurut Lie, mundurnya tanggal peluncuran sistem operasi terbaru RIM, BlackBerry 10, juga menjadi salah satu faktor mengapa Android mampu menguasai pasar sistem operasi mobile di Indonesia.

"Ditundanya peluncuran BlackBerry 10, yang telah membuat para pembeli menunggu hingga tahun 2013 untuk model baru, juga berkontribusi terhadap dampak perubahan dalam preferensi sistem operasi," lanjut Lie.

Walaupun sudah dikalahkan dari sisi sistem operasi, RIM dengan BlackBerry-nya masih menjadi merek smartphone nomor satu di kuartal II-2012.

Dengan semakin disukainya smartphone dengan fitur layar sentuh, IDC memperkirakan kalau pengiriman smartphone di Indonesia akan melebihi angka 7 juta pada tahun 2012.

Semakin murahnya smartphone juga mendorong pertumbuhan penjualan produk ini di pasaran Indonesia. Beberapa waktu lalu, sudah terdapat smartphone dengan harga di bawah Rp 500.000 di pasaran Tanah Air.

Di kuartal ini, pengiriman smartphone sedikit mengalami penurunan, sekitar 6 persen, jika dibandingkan kuartal sebelumnya. Walaupun begitu, telah terjadi peningkatan 13 persen secara year on year.

Uniknya, pengiriman feature phone malah mengalami peningkatan di kuartal ini dibandingkan tahun lalu.

Sumber: Kompas.Com
Previous
Next Post »
0 Komentar