Logo Olimpiade London 2012




Logo Olimpiade London 2012
Ada dua logo London 2012: satu untuk proses pemilihan yang diciptakan Kino Design dan yang kedua sebagai merek Olimpiade sendiri. Logo pertama berupa pita dengan garis biru, kuning, hitam, hijau, dan merah melintasi teks "LONDON 2012", mengikuti alur Sungai Thames di East London. Logo kedua, dirancang oleh Wolff Olins, diluncurkan pada 4 Juni 2007 dan memakan biaya £400.000. Logo baru ini adalah penggambaran angka 2012, dengan Cincin Olimpiade dicantumkan di dalam angka nol.
Logo Paralimpiade (paling kiri) dan berbagai kombinasi warna untuk desain logo utama Wolff Olins

Ini merupakan yang pertama kalinya logo yang sama digunakan untuk Olimpiade dan Paralimpiade.

Warna standarnya adalah hijau, magenta, oranye dan biru; namun logo tersebut telah dicocokan dengan berbagai macam warna, termasuk Union Flag untuk mempromosikan upacara penyerahan. Fleksibilitas logo juga memungkinkan pihak sponsor menyatukan warna korporat mereka menjadi logo versi sendiri, seperti Lloyds TSB, British Airways, dan Adidas.

London 2012 telah menyatakan bahwa logo baru tersebut ditujukan kepada kaum pemuda. Sebastian Coe mengatakan bahwa logo tersebut mewakili semua perkataan komite penyelenggara "tentang mencapai dan menyemangati kaum pemuda, yang menjadi tantangan kami selama lima tahun berikutnya". Seorang pengamat, direktur pelaksana sebuah agen periklanan, mengatakan bahwa logo tersebut sangat mirip dengan logo program televisi anak-anak tahun 1974–1982, Tiswas, sambil berkomentar bahwa sulit menargetkan kaum pemuda, dan mereka akan sadar melalui upaya untuk menuntun mereka.

Reaksi publik awal terhadap logo ini, sesuai pemungutan suara di situs web BBC, sebagian besar negatif: lebih dari 80% suara memberi penialain terendah untuk logo ini. Beberapa surat kabar malah mengadakan kompetisi logonya sendiri dan memamerkan kiriman alternatif dari para pembacanya. The Sun menampilkan desain seekor monyet beruk. Ada pula komentar bahwa logo ini menyerupai tokoh kartun Lisa Simpson melakukan fellatio dan lainnya mengeluh bahwa logo ini mirip Swastika yang diubah. Pada bulan Februari 2011, Iran mengeluh bahwa logo ini tampak mengeja kata "Zion" dan mengancam untuk memboikot Olimpiade. Iran mengirimkan keluhannya kepada Komite Olimpiade Internasional, sambil menyatakan logo ini "rasis", meminta logo tersebut ditarik dan desainernya "dikecam". IOC "diam-diam" menolak permintaan tersebut, dan Iran mengumumkan bahwa mereka tidak akan memboikot ajang olahraga ini.
Sebuah segmen rekaman animasi yang dirilis pada waktu yang sama seperti logonya dilaporkan mengakibatkan kejang pada beberapa orang penderita epilepsi fotosensitif. Badan amal Epilepsy Action menerima telepon dari penderita kejang setelah melihat rekaman tersebut di TV. Sebagai tanggapan, segmen pendek tersebut langsung dihapus dari situs web London 2012.Ken Livingstone, Walikota London, mengatakan bahwa perusahaan yang merancang film tersebut tidak perlu dituntut atas "kesalahan parah" tersebut.
Seorang narablog di BBC berkata bahwa "logo baru London 2012 mengakibatkan seluruh negara memperbincangkannya [meski] tidak sesuai harapan pihak penyelenggara." Seorang karyawan firma desain menggambarkan logo ini sebagai sesuatu yang "cerdas" dan berantisipasi bahwa logo ini "mampu menjadi sumber kebanggaan bagi London dan Olimpiade."
Pada Oktober 2008, dilaporkan bahwa 20% penjualan di toko utama Adidas di Oxford Street berasal dari baju bergambar logo Olimpiade, meski pajangannya hanya menempati 5% ruangan toko
Previous
Next Post »
0 Komentar