Cara Pengiriman Uang di Kantor Pos


Berikut akan dijelaskan tentang cara –cara mengirim uang di kantor pos. Adapun nama dari produk pengiman uang dikantor pos adalah Wesel, ada yang Prima,  standar, dan Instan. Berikut caranya,

1.    Datangi kantor Pos terdekat dari rumah anda

2.    Menuju ke loket wesel Pos

3.    Isi formulir pengiriman wesel pos

4.    Pada formulir pengiriman wesel pos, pilih jenis layanan yang akan digunakan

5.    Serahkan formulir kepada petugas loket wesel pos, dan tentunya dengan uang berdasarkan nilai yang dikirimkan ditambah dengan bea yang dikenakan.

6.    Tunggu sebentar, petugas Loket sedang memproses kiriman anda, dan bisa jadi juga ada antrian jika lagi banyak yang melakukan hal yang sama dengan anda.

7.    Petugas loket akan memberikan resi bukti kiriman wesel kepada anda,

8.    Jika itu kiriman weselpos Instan, segera dikirimakn nomor  NTP dan Pin kepada Penerima, bisa via sms atau telpon atau dengan media yang lain

9.    Saat itu juga weselpos Instan anda sudah bisa diterima di kantor pos terdekat dengan rumah penerima wesel tersebut

10.    Jika itu wesel Prima (dengan layanan diantar), besok atau lusa petugas pos akan mengantarkan Bukti pengambilan uang kepada penerima ( lama pengantaran Bukti kiriman wesel prima kadang bisa lebih lama tergantung dari kondisi daerah yang berbeda-beda atau ketentuan yang ada)

11.    Bukti Pengambilan uang yang diberikan kepada penerima, saat itu juga sudah bisa dicairkan di kantor pos terdekat.

12.    Mudah kan caranya ??? akhirnya Pak Pos ucapakan terimakasih telah menggunakan layanan  wesel Pos. Hehehe

Kirim Uang ?.. di Kantor Pos aja, langsung Cair Tanpa Rekening

Saran – saran dalam melakukan pengiman uang di Kantor Pos

Berikut akan di berikan saran atau sekedar masukan kepada anda yang akan mengirim wesel dikantor pos. Ini di lakukan berdasarkan pengalaman yang sering terjadi, berupa kendala baik dalam hal mengirim atau menerima uang di kantor Pos.

1.    Sebelum mengirim wesel pos, pastikan nama lengkap yang akan menerima wesel tersebut, dalam hal ini nama sesuai dengan kartu identitas,  baik itu KTP, SIM dan sejenisnya, karena kesalahan dalam penulisan nama bisa mempersulit penerima dalam mencairkan wesel tersebut,  dan bisa juga tidak bisa diterima

2.    Saat hendak menerima wesel Pos, harap selalu membawa Kartu Identitas Diri penerima

3.    Jika penerima tidak atau belum mepunyai kartu identias diri, mintalah bantuan kepada petugas  Pos agar dapat menerima kiriman wesel sebelum wesel tersebut dikirim, bicaralah dengan Petugas Loket Wesel atau petugas costomer service, mungkin solusinya kiirman wesel akan diatas namakan petugas loket pos tersebut.

4.    Untuk weselpos Instan, sebelum wesel di uangkan oleh penerima,  simpanlah baik-baik resi kiriman wesel tersebut, hal ini untuk mencegah hilangnya no NTP dan Pin wesel tersebut sebelum penerima mencairkan wesel tersebut karenan berbagai alasan,

5.    Jika resi weselpos Instan hilang sebelum di uangkan oleh penerima. Datangilah kantor pos tempat anda mengirim wesel Pos Instan, dan mintalah kembali nomor NTP  tersebut kepada petugas costomer service atau petugas loket Pos, hal ini mungkin sedikit menyita waktu, jadi mohon menunggu sebentar, biasanya akan ditanyakan berapa jumlah uang yang dikirim, tanggal kirim , nama pengirim dan penerima dan mungkin akan dimintai kartu identitas pengirim.

6.    Untuk mempermudah atau mempercepat proses pengriman Wesel anda, dalam hal ini jika terjadi antrian, diharapkan dapat mengambil formulir pengiman Wesel untuk dibawah pulang, supaya jika ingin mengrim lagi, tinggal diisi dirumah saja, sampai di kantor pos langsung di serahkan ke loket tanpa harus mengisi lagi,

Berikut sedikit penjelasan tentang hal - hal kesalahan  nama Penerima Wesel Pos Instan,
“ Segala bentuk irregularitas, apakah salah identitas pengirim, penerima, salah BSU dalam transaksi setor instan itu tidak bisa dilakukan perubahan atau pembatalan, semua harus sesuai sop dan data riil ketika dientry oleh petugas loket.
Jadi solusinya adalah dengan cara mencairkan kembali wesel instan tersebut di kantor kirim, kemudian di entri ulang lagi utk dikirim dgn data yg benar.
Nah untuk biaya bea nya dibebankan kepada pihak yang salah dalam artian apakah petugas loketnya yg teledor, atau pelanggannya yg slh memberikan data atau informasi.”

Kirim Uang ?.. di Kantor Pos aja, langsung Cair Tanpa Rekening
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Jika itu wesel Prima (dengan layanan diantar), besok atau lusa petugas pos akan mengantarkan Bukti pengambilan uang kepada penerima.Bukti Pengambilan uang yang diberikan kepada penerima, saat itu juga sudah bisa dicairkan di kantor pos terdekat.pertanyaan: berarti yg di antar ke rumah cm bukti pengambilannya? bukan sekalian sama uangnya bro..??
    thnx

    BalasHapus
  2. iya, yang di antar ke rumah adalah tanda bukti pengiriman wesel dan ybs yang mencairkan wesel di kantor pos

    BalasHapus