Logo Tutwurihandayani

Arti kata Tut Wuri Handayani. Tut wuri handayani adalah motto dan semboyan dunia pendidikan Indonesia. Tut Wuri tut-wuri-handayani Handayani berasal dari bahasa Jawa yang artinya dari belakang memberi dorongan. Jika di artikan secara lebih terperinci lagi, Tut Wuri Handayani mempunyai pengertian seseorang yang dari belakang memberi dorongan moral.
Tut wuri handayani sebagai motto dunia pendidikan Indonesia tidaklah muncul sendiri tapi merupakan satu paket dengan 2 motto lainnya yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mbangun Karso. Ing Ngarso Sung Tulodho memiliki arti di depan memberi contoh. Sedangkan Ing Madya Mbangun Karso berarti di tengah memberi semangat. Dan yang terakhir tentu saja Tut Wuri Handayani, yaitu dari belakang memberi dorongan moral.

Ketiga point diatas yaitu Ing Ngarso sung tulodha, Ing Madyo mbangun karso dan Tut Wuri handayani adalah ajaran kepemimpinan dari tokoh pendidikan nasional; Ki Hajae Dewantara. Seorang pemimpin harus memiliki tiga point penting diatas untuk bisa tampil sebagai pemimpin yang mampu mengayomi rakyatnya. Lalu jika kemudian falsafah kepemimpinan itu di terapkan dalam dunia pendidikan, adalah untuk membuka mata kita semua bahwa seorang guru selain berperan sebagai pengajar dan pendidik, dia juga seorang pemimpin. Pemimpin bagi murid-muridnya yang akan mengikuti perintah, petunjuk serta larangan

0 Response to "Logo Tutwurihandayani"

Poskan Komentar