Logo Universitas Islam Malang (UNISMA)

Logo Universitas Islam Malang

Bentuk Lambang Segi Lima dengan Tiga Garis Lapisan :
  • Melambangkan Arkanul Islam yang menjadi asas dan tujuan pendidikan serta misi UNISMA
  • Melambangkan sila-sila Pancasila yang merupakan ciri keindonesia-an sebagai asas UNISMA
  • Misi keilmuan , keislaman dan pengabdian serta Tridharma perguruan tinggi dengan landasan Iman, Islam dan Ikhsan


Bumi dan Bintang Sembilan melambangkan ciri kelembagaan pendidikan Al-Ma'arif NU dan merupakan lahan kiprah sivitas akademika Unisma sebagai khalifah di bumi untuk mengemban misi menuju cita-cita kebahagiaan dunia akhirat

Masjid dengan Tiga Kap melambangkan kejayaan umat Islam dan orientasi misi Unisma pada pengembangan Islam dan perwujudan kesempurnaan aqidah, syari'ah dan akhlaq.

Kitab Terbuka dengan Empat Kelompok Lembaran melambangkan upaya keberhasilan Unisma didalam menjalankan misinya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian, serta keislaman yang dilandasi keikhlasan, kejujuran, kerukunan dan kesungguhan/tanggung jawab.

Sejarah Unisma


Keberadaan Univeristas Islam Malang diawali oleh adanya keinginan semangat dan gagasan para tokoh masyarakat, ulama dan cendekiawan muslim dikalangan Nahdlatul Ulama di kota Malang, Untuk mendirikan suatu Perguruan Tinggi Islam yang besar, berkualitas dan mandiri.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pada tanggal 27 Maret 1981 berdirilah Yayasan Sunan Giri (sekarang berubah menjadi Yayasan Universitas Islam Malang) yang berkedudukan di Jalan MT. Haryono 193 Malang.

Universitas Islam Malang yang lebih dikenal dengan UNISMA, berdirinya Universitas ini dipelopori oleh para Sarjana Muslim yang berhaluan Ahlussunnah wal Jama'ah. Para Sarjana Muslim tersebut kemudian sepakat Untuk merealisasikan amanat tersebut dengan membentuk Panitian Sembilan yang bertugas menangani konsep dan bentuk teknis dalam rencana pendirian suatu Perguruan Tinggi.

Sebagai cikal bakal berdirinya Unisma adalah Fakultas Tarbiyah yang mengalami sejarah panjang sebelum menjadi salah satu fakultasnya. Terbentuknya Fakultas Tarbiyah ini diawali dengan berdirinya akademi Pendidikan Ilmu dan Agama Islam (APIA) yang selanjutnya berubah menjadi fakultas Tarbiyah Watta'lim (FTT) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU).

Hal ini dikukuhkan dengan SK. Menteri Agama RI nomor : 16/1963 tanggal 12 Januari 1963 yang menyatakan Ijasah Sarjana Muda FTT UNU Malang diakui sama dengan Ijasah Sarjana Muda Institut Agama Islam Negeri. Pada tahun 1968 nama UNU Malang diubah menjadi UNSURI Jawa Timur dan berkedudukan di Surabaya dan memiliki beberapa fakultas yang ada di Malang, antara lain Fakultas Tarbiyah, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Pada tahun 1971 Fakultas Tarbiyah Wata'lim (UNU) berubah menjadi Fakultas Tarbiyah UNSURI.

Ketika Yayasan Universitas Islam Sunan Giri Malang berdiri, maka Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Pertanian UNSURI bergabung menjadi salah satu fakultas di Universitas Islam Malang.

Sejak tanggal 7 Oktober 1983 UNISMA mendapat status TErdaftrar Untuk program pendidikan Sarjana Muda dengan SK. Mendikbud RI no 0425/1983 Untuk Fakultas hukum (Jurusan KEperdataan, Pidana dan Administrasi Negara), Fakultas PErtanian(jurusam Budidaya PErtaniuan, Sosial Ekonomi PErtanian), Fakultas Peternakan (jurusan Produksi Ternak), Fakultas Teknik (Jurusan Sipil, mesindan elektro), fakultas ekonomi (jurusan manajamen dan akuntansi), Fakultas kehuruan Ilmu Pendidikan (Jurusan pendidikan Bahasa dan satra Indonesia serta Pendidikan Matematika),

Fakultas Ilmu Administrasi pada 27 Maret 1983 ini mulai beroperasi dengan jurusan Administrasi Negara dan Administrasi Niaga. Sejak 31 Maret 2005 Universitas Islam Malang telah membuka Fakultas Kedokteran dengan konsentrasi pada keanekaragaman hayati sebagai penunjang pengobatan

Sejak Yayasan Universitas Islam Malang berdiri hanya mempunyai satu bidang garapan yaitu bidang pendidikan, namun hingga kini mengalami perkembangan yang cukup pesat, ditandai dengan Yayasan Universitas Islam Malang telah mampu mengembangkan bukan hanya dalam bidang pendidikan saja melainkan juga sektor-sektor diluar pendidikan antara lain :
  1. Rumah Sakit Universitas Islam Malang
  2. Laboratorium Ahlussunnah wal Jama'ah dan Pondok Pesantren Ainul Yaqin
  3. Kerjasama Lembaga Penelitian Universitas ISlam Malang dengan Departemen Kehutanan dan Perkebunan RI.
  4. Kerjasama Fakultas Teknik dengan BPPT
  5. Dibukanya beberapa program Pasca Sarjana (S-2)
  6. Berdirinya Gedung Aswaja Centre
  7. Kerjasama dengan "Department of Food Science and Technology of Agriculture, Kyushu Universitas Fukuoka Japan"Department of Microbiology Universitas of Delhi South Campus, New Delhi India
  8. Kerjasama dengan "The Association Overseas Technological Scholarship (AOTS), sub divisi Business Forum"
  9. Kerjasama dengan Learning Assistance Program for Islamic Schools (LAPIS) dan Equality of Learning Outcomes in Islamic Schools (ELOIS) dari Australia.
dikutip dari http://www.unisma.ac.id/

1 Response to "Logo Universitas Islam Malang (UNISMA)"

  1. Di bekasi juga ada Unisma lho... singkatan dari Univ.45....

    BalasHapus