Logo Sony Ericsson dan Cara Membuatnya




Ingin tau bagaimana membuat sebuah logo menggunakan CorelDraw? Bagi anda yang belum terlalu mahir menggunakan CorelDraw mungkin membaca tutorial berikut dapat dijadikan sebagai latihan dalam menggunakan CorelDraw untuk membuat sebuah logo. Logo yang saya gunakan sebagai contoh kali ini adalah logo keren dari Sony Ericsson. Membuat logo Sony Ericsson ternyata cukup mudah  (30x lebih mudah daripada membuat tutorial ini) pada tutorial ini saya menggunakan CorelDraw X4, Berikut adalah caranya :

ini lah logo dari Sony Ericsson yang akan kita buat



1.  Buka CorelDraw (versi berapapun sama aja) di komputermu kemudian buatlah lembar kerja baru (pilih File > new)
2. Pada toolbox pilih ellipse tool, kemudian buatlah 2 buah lingkaran, urutannya adalah membuat lingkaran yang besar terlebih dahulu baru kemudian lingkaran yang kecil (jadi lingkaran yang besar terdapat dibelakang lingkaran yang kecil), oiya untuk membuat lingkaran agar lingkaran tersebut otomatis membentuk 100% lingkaran, ketikan membuat linkaran tahan juga tombol CTRL. Kemudian susun lingkaran tersebut seperti gambar berikut :


3. Pilih/tekan lingkaran pertama (lingkaran yang besar) kemudian warnai lingkaran tersebut dengan  menekan ikon fill (karena kita akan membuat warna gradien jadi melalui menu fauntain fill> pilih fauntain fill
setelah masuk di bagian fountain fill, pada bagian color blend pilih custom (kita pilih kustom karena kita akan membuat warna gradasi lebih dari 2 warna) jangan lupa pada bagian type yang awalnya linear kita ganti conical agar warna gradasi menjadi melingkar lihat gambar berikut :


 ok pewarnaan lingkaran pertama selesai kemudian pilih ok, lingkaran kedua (lingkaran kecil) masih belum ada warnanya jadi yang kelihatan hanya bordernya (outline) saja.

4. Masih pada lingkaran pertama (lingkaran yang besar) pilih/seleksi dengan mengklik lingkaran tersebut kemudian pada tool box pilih interactive fill tool
 

lihat gambar berikut :

5. lingkaran pertama (yang besar)  sudah selesai kita beri warna, kemudian kita akan warnai lingkaran yang kecil, pilih/ klik lingkaran kedua tsb (yang kecil) kemudian sama seperti cara sebelumnya untuk memberi warna klik icon fill > pilih fountain fill
6. kemudian pada type warna pilih radial dan atur warnanya seperti gambar berikut :

kemudian pilih ok.
7. Masih pada linkaran kedua klik untuk menyeleksi/memilih lingkaran kedua (lingkaran keci) tsb kemudian pada tool box tekan icon interactive fill tool
 
kemudian bikin agar warna lingkaran tersebut sperti berikut :
 
ok selesei, kemudian kita lihat masih ada outline/border pada kedua sisi lingkaran, kita hilangkan outline/border tersebut dengan cara klik/seleksi kedua gambar tersebut, lihat gambar berikut :

 8. Sekarang yang akan kita lakukan adalah membuat bagian depan logo Sony Ericsson (lingkaran yang bewarna silver). Pertama copilah lingkaran yang besar dengan menyeleksi lingkaran tsb kemudian tekan CTRL+C kemudian paste (CTRL+V) . Maka lingkaran yang besar akan dicopy dan hasil copy akan berada di paling depan menutupi kedua lingkaran yang sebelumnya. Warnailah lingkaran tersebut dengan warna silver dan type warna adalah radial. lihat gambar berikut :


 Setelah itu dengan menggunakan interactive fill tool


buatlah agar warna seperti berikut :


9. kemudian kita akan melubangi lingkaran tersebut dengan bentuk lubang seperti berikut :

buatlah gambar seperti diatas dengan menggunakan bezier tool
 
 jika anda kesulitan membuat bentuk seperti diatas agar mudah lakukan saja dengan teknik tracing, caranya dengan mengimpor (pilih file > import) gambar logo Sony Ericsson kemudian dengan menggunakan bezier salinlah bentuknya seperti gambar berikut :
 
teknik diatas disebut Tracing

setelah hasil tracing jadi, hapuslah gambar logo Sony Ericsson dan yang tersisa adalah gambar/shape hasil tracing tadi..
 
Gambar tracing tersebut masih terdiri dari 2 bagian (2 object gambar) maka kita harus menyatukan kedua gambar tersebut dengan menggunakan weld. Seleksilah 2 object gambar hasil tracing tadi kemudian tekan ikon weld untuk menyatukannya (menjadikan 1 object).


kedua object gambar telah menyatu menjadi 1 object, kemudian taruhlah gambar/object hasil gambar tracing tersebut diatas lingkaran silver (lingkaran ke-3 yang kita buat sebelumnya). Kemudian kita lubangi lingkaran silver tersebut dengan bentuk lubang adalah object yang kita buat dengan cara tracing tadi, cara melubanginya adalah dengan menyeleksi kedua object (object lingkaran silver dan object hasil tracing tadi) kemudian tekan ikon back minus front ,seperti gambar berikut :

 

setelah kita tekan/klik ikon back minus front maka lingkaran bewarna silver akan terlubangi oleh object diatasnya (object hasil tracing tadi) dan lingkaran-lingkaran hijau sebelumnya akan terlihat karena lingkaran silver tersebut berlubang. dan hasilnya seperti berikut :


kemudian ada object yang perlu kita tambahkan liat gambar berikut :
 

terakhir kita tambahkan tulisan Sony Ericsson



Previous
Next Post »
0 Komentar