Logo Sail Morotai 2012

Logo Sail Morotai 2012



Tahun ini lomba kapal layar Sail Indonesia akan dihelat selama bulan Juni-September.  Lomba ini akan menempatkan Pulau Morotai di Maluku Utara sebagai sorotannya. Kegiatan puncak perhelatan Sail Morotai 2012 akan berlangsung pada 14 September 2012 di Teluk Daruba yang bersejarah. Acara ini rencananya akan menghadirkan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Tahun ini Sail Morotai mengangkat tema "Menuju Era Baru Ekonomi Regional Pasifik". Harapannya kegiatan ini tidak hanya untuk menempatkan Morotai ke dalam peta destinasi pariwisata dunia tetapi lebih dari itu adalah untuk meningkatkan perekonomian penduduk Morotai sendiri.

Sail Morotai 2012 juga akan diisi beragam kegiatan, diantaranya adalah: lomba kapal layar, seminar, olah raga bahari, festival budaya, dan pameran berbagai produk hasil usaha kecil dan menengah.

Akan hadir sekira 120 kapal layar memeriahkan kegiatan bertaraf internasional ini. Kapal-kapal tersebut tidak hanya berangkat dari Darwin (Australia) tetapi juga datang dari Davao (Filipina) dan Kota Kinabalu (Malaysia). Secara keseluruhan, Sail Morotai diperkirakan akan menarik sekitar 5.000 pengunjung dari Australia, Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara lainnya.

Pulau Morotai disebut sebagai “Mutiara di Bibir Pasifik”. Sebuah pulau  indah dengan potensi bahari yang sangat besar. Di perairannya terdapat sekira 160 jenis ikan bernilai ekonomis tinggi mencapai 148.473,8 ton per tahunnya. Oleh karena itu, wilayah tersebut berpotensi dikembangkan sebagai kawasan industri maritim dan perikanan terpadu, serta kawasan wisata bahari dan sejarah.

Penyelenggaraan Sail Morotai 2012, bertujuan untuk menempatkan Morotai dalam destinasi pariwisata dunia sebagai lokasi wisata sejarah. Pulau ini memang memiliki nilai sejarah penting dimana dahulu merupakan salah satu lokasi Perang  Dunia II. Saat itu tentara Sekutu di bawah pimpinan Jenderal Douglas MacArthur mendarat di Morotai dan mengalahkan tentara Jepang.

Saat ini Pemerintah setempat terus mempersiapkan diri menyambut pengunjung, termasuk akomodasi dan fasilitas di Pelabuhan Daruba. Ajang internasional ini memakai logo perahu layar bertuliskan Sail Morotai 2012 dengan maskotnya adalah burung bidadari, yaitu burung langka dan dilindungi di Provinsi Maluku Utara.

Untuk informasi lebih lanjut silakan Anda merujuk ke website resmi Sail Morotai 2012 di laman berikut.
Previous
Next Post »
0 Komentar