Logo Partai UMMAT ISLAM (PUI)

Logo Partai UMMAT ISLAM (PUI)
Partai Ummat Islam (PUI) berdiri didasari dua pertimbangan, yaitu segi ajaran dan historis. Dari segi ajaran, adalah ajaran agama Islam yang tidak memisahkan antara kehidupan agama dalam arti sempit dengan kehidupan bermasyarakat seperti politik, ekonomi, dan sosial. Dari segi historis, umat Islam di Indonesia merupakan pelopor dalam mendirikan partai-partai politik. Kalau Budi Utomo masih bersifat nasionalisme Jawa, maka kehadiran Partai Serikat Islam 1912 tujuannya antara lain nasionalisme di Indonesia.
 PUI sama sekali tidak bermaksud membentuk negara Islam. Partai ini memandang pengalaman membuktikan pada saat zaman Nabi Muhammad SAW yang bisa berdampingan dengan umat bangsa lain secara damai dengan menggunakan hukum masing-masing, yaitu Konstitusi Madinah. Partai yang didirikan oleh kalangan berlatar belakang dosen ini memiliki program utama pembangunan/pembinaan moral dari setiap aspek kehidupan bernegara dengan landasan moral Islam.  

Asas: Islam Didirikan/Deklarasi: Jakarta, 26 Juni 1998 Alamat: Jl Raya Pasar Minggu Km 18 No 8 Blok 87, Jakarta Selatan Telepon: (021) 7943653 Ketua Umum: Prof Dr Deliar Noer Sekretaris Umum: Fahmi Rahman
Previous
Next Post »
0 Komentar