Logo Kodam Udayana

Logo Kodam Udayana
Kodam IX/Udayana merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Pangdam IX/Udayana yang sekarang menjabat adalah Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya. Ia dilantik berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/392/VI/2012 tanggal 15 Juni 2012 menggantikan Mayor Jenderal TNI Leonard.

ARTI DAN MAKNA LAMBANG KODAM IX/UDAYANA


  •  BENTUK
 Perisai : Alat untuk melindungi diri dari serangan-serangan senjata lawan. Bagde Kodam IX/Udayana berbentuk Perisai karena tugas utama prajurit adalah melindungi negara dan bangsanya. Pada Pataka Kodam IX/Udayana terdapat tulisan Praja Raksaka yang berarti pelindung rakyat, Raksaka berarti pelindung, Praja berarti Rakyat. Kedua kata tersebur berasal dari bahasa Satsekerta.
  • NAMA
 Udayana : adalah nama seorang raja Bali, yang besar, baik kekuasaannya, daerahnya maupun pengaruhnya. Memerintah tahun 989/011M, daerahnya meliputi pulau Bali sampai pulau Sumbawa, sedangkan pengaruhnya sampai di Jawa Timur. Pusat pemerintahan terletak diantara dua sungai, yakni sungai pakerisan dan sungai Patanu di wilayah kabupaten Gianyar/Bali. Permaisurinya Putri Raja dari Jawa Timur dan berputra bernama Airlangga, raja besar dari kerajaan kahuripan di Jawa Timur. Kata Udayana berasal dari bahasa Satsekerta, yang terdiri dari kata-kata Ud berarti diatas dan Ina berarti Matahari, yang mengandung arti perjalanan matahari yang terbit dari timur, memancarkan sinarnya yang gemilang kesegala penjuru alam, tenang tetapi tegas, energik dan bergerak terus tanpa berhenti kearah tujuan yang telah ditentukan (orbit) dan tak ada yang sanggup untuk menghentikannya.
Prajurit Kodam IX/Udayana bertekad untuk senantiasa berjuang dan bergerak terus, pantang mundur dan pantang berhenti dalam mengejar cita-citanya demi melindungi tanah air dan rakyat Indonesia.
  • ARTI - ARTI
1. Garuda Hitam, Kedua sayapnya masing-masing berbulu lima dan ekor berbulu tujuh, membawa senjata pusaka, melambangkan prajurit Tentara Nasional Indonesia yang sempurna.
2. Cakra Melambangkan matahari yang mempunyai sifat : tenang tapi tegas, energik dan penggerak semangat sebagai pelindung dan pembawa kebahagiaan. Bergerak terus tanpa berhenti kearah tujuan yang telah ditentukan (orbit) dan tak seorangpun yang dapat menghentikannya.
3. Bagde/Lambang Kodam IX/Udayana : anggota komando Daerah Militer IX/Udayana, sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia berjuang dan bergerak terus dengan pantang mundur/berhenti dalam mengejar cita-cita demi melindungi Tanah Air dan Rakyat Indonesia.
Sumber : 50 Tahun Pengabdian Kodam IX/Udayana (2007)

Previous
Next Post »
0 Komentar