Logo Kabupaten Jayawijaya

VISI DAN MISI :
TERWUJUDNYA MASYARAKAT JAYAWIJAYA YANG BERKUALITAS, SEHAT, BERBUDAYA DAN MANDIRI.
Logo Kabupaten Jayawijaya

Dengan visi ini terkandung maksud:
Bahwa arah dan kebijakan pembangunan di Kabupaten Jayawijaya, adalah Masyarakat, Penduduk Kabupaten Jayawijaya (People Centered Oriented)
BERKUALITAS, dimaksudkan bahwa rakya memiliki kemampuan intelektual, kemampuan fisik jasmani yang baik, rohani yang baik, memiliki potensi dalam dirinya untuk bersaing dalam segala aspek kehidupannya, percaya dirim bertanggungjawab, dan mengetahui hak dan kewajibannya sebagai anak bangsa, anak daerah dan anak Tuhan.
SEHAT, dimaksudkan bahwa setiap orang di Kabupaten Jayawijaya, haruslah sehat jasmani dan rohaninya, dapat menikmati gizi yang cukup dan seimbang sesuai standard kesehatan yang perlu untuk kehidupannya, dapat membangun lingkunngan yang asri, nyaman dan damai, sebagai kebutuhan hakiki dalam kehidupannya.
BERBUDAYA, dimaksudkan bahwa rakyat Jayawijaya senantiasa akan bertumbung dalam norma-norma kehidupan yang baik, yang ditimba dari budaya leluhurnya yang meiliki cinta dan kasih sayang, menghargai sesamanya sebagai makhluk ciptaan Tuhan, memiliki tenggang rasa,  mengedepankan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi, serta senantiasa menyadari pentingnya keharmonisan hubungan dengan sesama, lingkungan dan Tuhan sebagai penciptanya.
MANDIRI, dimaksudkan bahwa rakyat Kabupaten Jayawijaya, mampu bertumbuh dan berkembang di atas potensi dirinya dan alam lingkungannya sendiri sebagai rahmat Tuhan yang harus dimanfaatkan dengan bijaksana, dipelihara dan dijaka demi kelestariannya. Rakyat yang mandiri sekaligus akan menggambarkan adanya produktifitas, keuletan, kebanggaan, berdaya saing dan dihormati oleh orang lain di sekitarnya.

MISI
1. Meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia Jayawijaya melalui bidang pendidikan dan kesehatan
2. Memberdayakan seluruh potensi masyarakat Jayawijaya sebagai keutuhan ciptaan Tuhan, untuk menciptakan keharmonisan, kedamaian bagi semua komponen bangsa.
3. Meningkatkan perlindungan terhadap citra dan hak-hak dasar masyarakat asli Jayawijaya, perempuan, adat/budaya, dan agama.
4. Meningkatkan pemberdayaan untuk mendorong partisipasi, kemandirian, dan produktifitas.

PENGERTIAN
Visi-Misi pembangunan Kabupaten Jayawijaya tahun 2008 -2013 adalah rumusan konsepsional yang terkandung Tujuan, Arah/Haluan dan Kebijakan Program serta aspek-aspek strategis lainnya dan merupakan penjabaran dari Tujuan Pembangunan Nasional di Tanah Papua yang didasarkan pada pemetaan kecenderungan lingkungan eksternal pemerintahan Kabupaten Jayawijaya serta analisis strategis aspek-aspek internal pemerintahan saat ini dengan prinsip pelayanan publik yang mengabdi kepada nilai-nilai fundamental di Tanah Papua.
Inti dari pada Visi - Misi adalah memuat batasan konsep komprehensif yang berisi arah, sasaran serta pola implementasi program.
selain itu Visi-Misi Pembangunan Kabupaten Jayawijaya 2008-2013 merupakan kerangka dasar kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya yang memandu pola pikir dan pola tindak aparatur secara menyeluruh dan relevan dengan pendayagunaan potensi strategis daerah ini yang mencitrakan peran nyata perwujudan pelayanan pembangunan dalam rentang waktu tertentu secara strategis, terstruktur, terintegrasi dan terfokus.
Dengan demikian Visi-Misi Pembangunan Kabupaten Jayawijaya tahun 2008-2013 adalah cara pandang seorang Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dituangkan secara konsepsional dan berfungsi menjadi penuntun bagi seluruhperencanaan pembangunan dan Pemerintahan Kabupaten dalam melayani masyarakat untuk kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan.
Previous
Next Post »
0 Komentar