Logo Dhuaja Grup B dan Grup C Paspampres

Arti dan makna Dhuaja Grup B dan Grup C Paspampres

Logo  Dhuaja Grup B dan Grup C Paspampres

"Setia Waspada" Berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor : Perpang/19/I/2010 Tanggal 20 Januari 2010 Tentang Pemberlakuan Dhuaja Grup B dan Grup C Paspampres

Nama Dhuaja Grup B Paspampres adalah “JUJUR SETIA WASPADA”. Dhuaja ini dibuat dari kain beludru warna merah terang dengan jumbai warna kuning emas ditiga sisinya dengan ukuran panjang 90 cm lebar 60 cm jumbai 7 cm, Inti Lambang 60 x 50 cm, Mahkota 25 x 15 cm, Panjang Tiang 2 m dengan garis tengah 4 cm.

Lukisan pada Dhuaja tersebut mengandung beberapa arti.
Perisai berwarna Merah dan Putih.    Mencerminkan tugas Paspampres sebagai pengamanan Wakil Presiden, yaitu, sebagai benteng terakhir keselamatan Wakil Presiden yang senantiasa berpegang teguh pada prinsip kejujuran yang dilandasi ketulusan dan kesucian jiwa dalam melaksanakan tugas Grup B Paspampres, yaitu  melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat terhadap Wakil Presiden beserta keluarganya, selanjutnya lima sisi perisai mencerminkan butir-butir Sumpah Prajurit.
Tombak Trisula dan Gadha.
Tombak Trisula merupakan senjata para pengawal Raja di jaman dahulu yang dapat digunakan dalam pertempuran jarak dekat maupun jarak jauh secara terbatas, dengan keampuhan melebihi tombak biasa. Gadha merupakan senjata para pengawal  Raja di jaman dahulu yang berfungsi sebagai senjata pertempuran jarak dekat, yang dapat digunakan sebagai penangkis maupun pemukul.
Tulisan “JUJUR SETIA WASPADA
dikutip dari :http://paspampres.mil.id/news/2010/03/29/arti-dan-makna-dhuaja-grup-b-dan-grup-c-paspampres
Previous
Next Post »
0 Komentar