Logo Baru Kodam Tanjungpura


Logo Baru Kodam Tanjungpura

Arti dan Lambang


1.     Bentuk     Sesuai Keputusan Kasad Nomor: Kep/208/VI/ 2010  tanggal 22 Juni 2010 tentang Perubahan Badge dan Lokasi Kodam VI/ Tanjungpura Menjadi Kodam VI/ Mulawarman serta Pengesahan Penggunaan Badge dan Lokasi Kodam XII/ Tanjungpura. Bentuk, ukuran, gambar, tata warna badge dan lokasi seperti keterangan di bawah ini:
a. Ukuran  : 6 CM x 7 CM.
b. Lis         : warna merah.
c. Tulisan Tanjungpura : warna merah, dasar kuning.
d. Pulau Kalimantan  : warna hijau dan putih.
e. Garis khatulistiwa  : warna putih.
f.  Bintang sudut 5 di pulau Kalimantan      : warna kuning.
g. Tombak          : warna putuh, gagang warna hitam.
h. Mandau          : warna putih, gagang dan jubai warna hitam.

i.  Dasar badge : warna biru laut.
2.   Arti Lambang Kodam XII/Tpr
a. Arti Bentuk: Lambang berbentuk sebuah perisai/ tameng, tanda pertahanan  pribadi, keprajuritan dan pertahanan  perlawanan terhadap setiap lawan.
b. Warna : Biru laut, hijau, kuning, merah, hitam, putih, keseluruhannya mengandung arti bersatu padu untuk membina pertahanan wilayah dan siap sedia untuk mempertahankan Negara dan Bangsa.
c.  Lukisan: Di atas perisai/ tameng terdapat lukisan-lukisan yaitu:
1) Pulau Kalimantan yang mengandung arti kesatuan pertahanan yang bulat dan utuh. Pertahanan pulau yang subur, masih perlu dipelihara dan dibangun.
2) Garis Khatulistiwa berwarna putih memotong tengah pulau Kalimantan, melambangkan letak geografis dan strategis pulau Kalimantan.
3) Bintang bersudut lima adalah lambang Angkatan Darat yang terpancang di titik tempat kedudukan Ibu Kota Provinsi Kalbar, pusat pemerintahan daerah.
4) Tombak dan mandau adalah senjata asli masyarakat pedalaman daerah Kalimantan yang menunjukkan kepercayaan terhadap diri sendiri, untuk bertahan dan menghadapi serangan lawan, baik dari luar maupun dari dalam. Silang tombak dan mandau melambangkan persatuan menghadapi musuh dalam keadaan apapun.
dikutip dari : http://kodam-tanjungpura.mil.id/index.php?option=com_content&task=view&id=128&Itemid=70

0 Response to "Logo Baru Kodam Tanjungpura"

Poskan Komentar