Logo Bank Sinar Mas

logo Bank Sinarmas

Profil Perusahaan

Nama Perusahaan : PT BANK SINARMAS Tbk.
Kantor Pusat : Wisma Bank Sinarmas, 1st & 2nd Floor
    Jl. MH. Thamrin No. 51 – Jakarta 10350
Telepon : (021) 31990101
Fax : (021) 31990401
SWIFT : SBJKIDJA
Telex : 67171 SHINPS IA
I-Telex : 867171

Visi Perusahaan

"Menjadi Bank terkemuka di Indonesia"

Misi Perusahaan
 
1. Memperluas basis nasabah, mulai dari nasabah kecil hingga korporasi, melalui kerjasama dengan lembaga keuangan
    maupun mitra usaha lainnya.
2. Memperluas jaringan kantor untuk penetrasi pasar pada sentra-sentra UKM dan sektor usaha skala korporasi.
3. Meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia dalam rangka memberikan layanan terbaik.
4. Membudayakan sistem Manajemen Resiko sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan Good Corporate Governance.
 

Sekilas Bank Sinarmas
 
Pada tahun 2005 PT. Sinar Mas Multiartha, Tbk yang merupakan Kelompok Usaha Sinarmas yang berada di bawah kelompok usaha Financial Services mengambil alih PT. Bank Shinta Indonesia yang didirikan pada tahun 1989 yang memulai operasionalnya sejak Maret 1990. PT. Bank Shinta Indonesia mengalami perubahan nama menjadi Bank Sinarmas pada Desember 2006.
Sebagai upaya untuk memenuhi arahan Bank Indonesia yaitu agar bank-bank umum segera menjadi perusahaan Go Public sehingga sebagian sahamnya dapat dimiliki oleh masyarakat umum, maka pada tahun 2010 setelah mendapatkan pernyataan efektif dari otoritas yang berwenang, tepatnya pada tanggal 13 Desember Bank Sinarmas mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia sehingga meningkatkan struktur permodalan sebesar Rp. 160 miliar, dari sebelumnya Rp. 568 miliar menjadi Rp. 728 miliar.
Minat Masyarakat untuk memiliki Saham Bank Sinarmas cukup tinggi, hal ini dikarenakan oleh pertumbuhan usaha yang cukup menggembirakan dan cukup signifikan, hal ini dapat dilihat pada total aset pada akhir Desember 2010 sebesar 11,2 triliun, jaringan kantor bertambah menjadi 110 Kantor yang tersebar hampir di seluruh propinsi di Indonesia dan telah terhubung secara real time on-line dan teknologi informasi perbankan yang telah dicapai.
Sebagai bank swasta nasional, Bank Sinarmas secara konsisten mengembangkan pangsa pasarnya ditengah tantangan pasar yang sedang berkembang di Indonesia. Usaha dan inisitatif diperlukan untuk memenuhi kebutuhan para nasabah dan masyarakat, maka kegiatan usaha yang awalnya pada pasar pembiayaan usaha kecil, menengah dan mikro berkembang pada pembiayaan konsumer dan komersial.
Tuntutan fasilitas teknologi informasi yang serba canggih di masa kini dan masa depan menjadi tantangan perbankan untuk menyediakan layanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu tahun 2007 Bank Sinarmas memfasilitasi teknologi perbankan terintegrasi yang tidak terbatas ruang dan waktu yakni Phone Banking, Internet Banking, dan Automatic Teller Machine (ATM). Keperluan di bidang IT ini dari waktu ke waktu terus dikembangkan seiring dengan keperluan bisnis.
Bank Sinarmas melangkah maju mengembangkan diri secara berkesinambungan dengan semangat dan komitmen yang tinggi dari pemegang saham, pengurus dan karyawan Bank untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan standar yang paling tinggi kepada para nasabah dan disertai dengan struktur keuangan yang kuat maka akan menjadikan Bank Sinarmas sebagai Bank Terkemuka di Indonesia.
 

Sejarah

Didirikan pada tahun 1989 berdasarkan Akta no. 52 tanggal 18 Agustus 1989 yang dibuat di hadapan Buniarti Tjandra, SH., Notaris di Jakarta, yang telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tertanggal 21 Oktober 1989 Nomor 1506/1989. Diubah dengan Akta No. 31 Tanggal 6 April 2010 yang dibuat dihadapan Aulia Thaufani, SH Pengganti Sutjipto, SH, Notaris di Jakarta dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No.AHU-22745.AH.01.01 Tahun 2010 tanggal 4 Mei 2010 sebagaimana diubah terakhir melalui Akta No.148 tanggal 25 Agustus 2010 dibuat dihadapan Aulia Thaufani, SH Pengganti Sutjipto, SH, Notaris di Jakarta dan telah mendapat Penerimaan Pemberitahuan Perubahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia No. AHU-AH.01.10-23976 tanggal 22 September 2010. Diubah dengan Akta No.70 Tanggal 23 Desember 2011 yang dibuat oleh Aulia Taufani, S.H., pengganti Andalia farida, S.H., Notaris di Jakarta.
Status Bank : Bank Devisa
Modal Dasar : Rp. 2.000.000.000.000
Modal ditempatkan dan disetor penuh : Rp. 907.886.940.000

Pemegang Saham 2011
Jumlah Saham Presentase Kepemilikan Jumlah Modal Disetor
  1. PT Sinarmas Multiartha Tbk.   5.127.408.650  
  56,48 %
  512.740.865.000  
  2. PT Shinta Utama   319.758.350  
  3,52 %
  31.975.835.000  
  3. Masyarakat   3.631.702.400  
  40,00 %
  363.170.240.000  
Jumlah:     7.280.500.000  
  100%
  907.886.940.000  

Perkembangan sampai dengan tahun 2011  
       
1989
Bank Sinarmas didirikan  
       
1993
Mendirikan kantor cabang di Bandung  
       
1994
Menerima status Bank Persepsi dari Menteri Keuangan  
       
1995
Menjadi Bank Umum Devisa  
       
1996
Mendirikan kantor cabang di Surabaya  
       
1998
Penambahan Modal Disetor menjadi Rp.50 miliar  
       
2005
PT. Sinar Mas Multiartha Tbk dan PT Sinar Mas Multifinance menjadi pemegang saham mayoritas dengan tujuan membawa Bank Sinarmas menjadi salah satu bank terkemuka dan terpercaya  
 
Bertambahnya anggota Dewan Komisaris dari 1 (satu) orang menjadi 3 (tiga) orang  
 
Pergantian logo bank  
 
Penambahan modal disetor menjadi Rp.65 miliar  
       
2006
Berpindahnya kantor pusat dari Jl. Hasyim Ashari No. 38, Jakarta Pusat ke Wisma Bank Sinarmas Lt. 1, Jl. MH. Thamrin No. 51 – Jakarta Pusat  
 
Bertambahnya anggota Direksi dari 2 (dua) orang menjadi 4 (empat) orang  
 
Peningkatan Modal Dasar dari Rp.200 miliar menjadi Rp.500 miliar  
 
Penambahan Modal Disetor menjadi Rp.125 miliar  
 
Pendirian 10 (sepuluh) kantor baru yaitu: Medan, Jambi, Pekan Baru, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Makasar, Menado, Bumi Serpong Damai, dan Denpasar  
 
Relokasi kantor cabang Bandung di Jl. Naripan No. 11-19, Bandung ke Jl. Abdul Rivai No. 2, Bandung  
 
Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia tentang Perubahan Nama dari PT Bank Shinta Indonesia Menjadi PT Bank Sinarmas  
       
2007
Penambahan Modal Disetor menjadi Rp.275 miliar  
 
Pendirian 40 (empat puluh) kantor baru  
 
Relokasi kantor cabang Mangga Dua, Pekan Baru dan Denpasar  
 
Perubahan dan penambahan 1 (satu) orang anggota Direksi dari 4 (empat) orang menjadi 5 (lima) orang  
 
Perubahan anggota Dewan Komisaris  
 
Mendapat penghargaan dari majalah InfoBank dengan predikat "Sangat Bagus" atas kinerja keuangan tahun 2006  
 
Pembukaan 88 Unit ATM diseluruh kantor cabang  
 
Peluncuran Internet Banking dan Electronic Banking  
 
Penggunaan sistem perbankan TEMENOS menggantikan sistem IBS sehingga seluruh kegiatan bank terintergrasi secara realtime on-line di seluruh kantor cabang  
 
Penyelenggaraan bazaar minyak goreng untuk setiap pembukaan kantor cabang  
       
2008
Penambahan Modal Disetor menjadi Rp.425 miliar  
 
Pendirian 22 (dua puluh dua) kantor baru  
 
Relokasi kantor cabang Malang, Jambi, Kali Deres, Gunung Sahari  
 
Pembukaan 61 unit ATM diseluruh kantor cabang  
       
2009
Penambahan Modal Disetor menjadi Rp.525 miliar  
 
Pembukaan 18 (delapan belas) kantor baru  
 
Relokasi kantor cabang lampung, Semarang, Senen, Manado, Tasikmalaya  
 
Pembukaan 162 unit ATM diseluruh kantor cabang  
 
Dibentuknya Unit Usaha Syariah PT. Bank Sinarmas  
 
PT. Bank Sinarmas telah disahkan oleh Bappebti sebagai Bank penyimpan margin, dana kompensasi dan dana jaminan  
 
Pengesahan dari Bapepam untuk PT. Bank Sinarmas untuk melakukan kegiatan usaha Wali Amanat  
       
2010
Penambahan Modal Disetor menjadi Rp.728 miliar  
 
Perubahan status bank menjadi Perusahaan Go Public  
 
Pembukaan 14 (empat belas) kantor baru  
 
Jumlah ATM yang beroperasi adalah 177 Unit mesin ATM yang tersebar di seluruh indonesia  
 
Perubahan Anggota Dewan Komisaris  
 
Penambahan 2 (dua) Anggota Direksi  
       
2011      
 
Penambahan Modal disetor menjadi Rp.908 Miliar  
 
Pelaksanaan Excercise Waran Seri I, sehingga meningkatkan saham publik di Bank Sinarmas menjadi 40%  
 
Jumlah Kantor Bank Sinarmas 262 kantor, di 119 kota di indonesia  
 
Peluncuran tag line "We Always Care"  
 
Pelaksanaan RUPS tahunan dan RUPS Luar Biasa  
 
Pelaksanaan Public Expose  

"Semua staff dan manajemen Bank Sinarmas memiliki kesamaan visi dan komitmen
untuk menjadi mitra terbaik bagi nasabah. "
 
dikutip dari : http://www.banksinarmas.com


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10.43

0 komentar:

Poskan Komentar