Lambang Kota Padang

  •   Lambang daerah kota Padang terdiri dari empat unsur simbol yaitu:
    Lambang Kota Padang
     

    1. ?Padang Kota Tercinta? sebagai motto yang berada dalam pita berwarna biru muda dengan huruf kuning.

    2. Bentuk dasar trapesium sama kaki dengan warna dasar merah.

    3. Profil Lambung (Rangking) yang terpadu dalam bentuk:

      1. Atap gonjong dua warna hitam.

      2. Tiang rangkiang dengan penggada dan keris berwarna kuning.

      3. Dinding rangkiang persegi hitam.

      4. Kolong rangkiang persegi hitam.

    4. Gunung Padang berwarna biru.

  • Pengertian dari sudut bentuk:

    1. Bentuk dasar trapesium sama kaki bertendens kerbau yang telah distilir (digayakan), melambangkan kewaspadaan atau perisai.

    2. Lumbung (rangkiang) melambangkan gudang segala-galanya, baik secara moril maupun materil, sebagai lambang keutuhan budaya Minangkabau yang terkenal dengan "Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah".

    3. Bidang persegi hitam di bawah lima garis gelombang adalah melambangkan landasan kuat tempat besrpijak Kota Padang secara abadi.

    4. Gunung Padang beserta laut, adalah monument alam yang abadi, dengan keindahan alam yang dibanggakan masyarakat Kota Padang sebagai kota pantai dengan lima deretan ombak samudera sebagai lambang dinamika kehidupan bangsa yang berazaskan Pancasila.

    5. Penggada melambangkan senjata asli masyarakat Minangkabau yang cukup ampuh dalam membela dan mempertahankan tanah air.

    6. Keris, melambangkan kehormatan dalam membela pusaka turun temurun (warih bajawek, pusako batolong, baitu adaik nan bapacik, tak lapuak dek hujan, tak lakang dek paneh).

    7. Pita dengan warna dasar biru muda melambangkan kecintaan, kekerabatan yang unik dan menarik terhadap kota dan masyarakatnya sehingga pantas, dinukilkan dengan warna kuning motto ?Padang Kota Tercinta?.

  • Pengertian dari Sudut Warna.

    1. Putih melambangkan kesucian, santri keagamaan.

    2. Merah melambangkan semangat yang menyala-nyala didada masyarakat dalam berbenah diri (membangun), sekaligus lambang Kota Perjuangan.

    3. Hitam melambangkan kearifan dan kebijaksanaan.

    4. Kuning lambang keagungan.

    5. Biru muda diartikan sebagai keharmonisan perpaduan rasa dan pikiran sehingga melambangkan iman yang nyaman (semua terpadu dalam alua jo patuik, raso jo pareso, ukua jo jangko


Demo Blog NJW V2 Updated at: 04.51

0 komentar:

Poskan Komentar